Dampak Kapitalisme terhadap Pendidikan di Madrasah

Authors

  • AHMAD JAUHARUN NI’AM
  • KHALIMATUN NI’MAH
  • MOH NUR WASIK
  • MOH. SHOHIB

DOI:

https://doi.org/10.30736/rf.v11i1.658

Keywords:

gesture, gesture respresentasional, konsep matematika, anak berkebutuhan khusus, tunarungu.

Abstract

Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) memiliki prinsip belajar yang sedikit berbeda dengan anak umum lainnya, baik untuk memahami konsep maupun menyelesaikan masalah. Oleh karena itu peranan guru di Sekolah Dasar Luar Biasa (SDLB) sangat berpengaruh besar dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana gesture representasional dapat menyampaikan pengetahuan matematika guru kepada siswa tunarungu di Sekolah Dasar Luar Biasa lamongan. Penelitian ini difokuskan pada gerakan lengan dan tangan guru saat proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data penelitian dikukan dengan merekam secara audiovisual segala aktifitas guru saat proses belajar mengajar. Analisis data penelitian dilakukan dengan menggunakan triangulasi data. Hal ini dilakukan guru untuk mengkomunikasikan konsep matematika kepada siswanya. Selain sebagai alat komunikasi kepada siswa, gesture digunakan sebagai cara atau strategi dalam menyampaikan konsep matematika kepada siswa. Penelitian ini menunjukkan bahwa dengan bantuan gesture representasional disertai dengan ucapan yang dilakukan oleh guru kepada siswa tunarungu memberikan dampak positif dalam proses pentransferan informasi matematika kepada siswa. Hal ini dikarenakan gesture representasional yang dilakukan oleh guru berpengaruh terhadap siswa dalam menyampaikan pengetahuan matematika diantaranya: (1) menjelaskan dan mengklarifikasi gagasan guru dalam proses pembelajaran (2) memusatkan perhatian siswa saat proses belajar mengajar (3) mengurangi beban berpikir siswa baik saat menyelesaikan masalah matematika maupun saat menerima konsep matematika (4) sebagai alat yang mampu memberikan scaffolding untuk mendukung perkembangan konsep matematika siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Sholihin, Muhammad, “Kapitalisme Pendidikan (Analisis Dampaknya Terhadap Upaya Mencerdaskan Kehidupan Bangsa)â€, Jurnal Nur El-Islam, Vol. 02 No. 02, 2015.

Azra Azyumardi, Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi di Tengah Tantangan Milenium III, (Jakarta: Kencana Prenada Media, 2012)

Rachman Assegaf, Abd, Filsafat Pendidikan Islam: Paradigma Baru Pendidikan Hadhari Berbasis integratif-interkonektif, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2011),

Sofwanudin, “Kapitalisasi Pendidikan Islam Sebuah Keharusan, dalam Sugiyanto “Deschooling Society dalam Ironiâ€, EDUKASI, VOL II, NO. 2, Desember 2004

Fakih, Mansou, “Sebuah Pengantar Komodifikasi Pendidikan Sebagai Ancaman Kemanusiaan, dalam Francis X. Wahono, Kapitalisme Pendidikan; Antara Kompetisi dan Keadilanâ€, cet. II (Yogyakarta: Insist Press, Cindelaras, Pustaka Pelajar, 2001)

Murningsih, Rochiyati, Sistem Ekonomi; “Telaah Kapitalis, Sosialis Dan Islam, Dalam “Cakrawala: Jurnal Studi Islamâ€, Vol. II, No.2, desember 2005

Robert C. Solomon dan Kathleen M. Higgins, Sejarah Filsafat, terj. Saut Pasaribu (Yogyakarta: Yayasan Bentang Budaya, 2002

Awalil Risky, “Agenda Neoliberalisme Mencengkeram Perekonomian Indonesia†(Yogyakarta: UCY Press, 2007

Bonnie Setiawan, “Stop WTO! dari Seattle sampai Bangkok†(Jakarta : INFID, 2000)

Eko prasetyo, et al., “Menegakkan Keadilan dan Kemanusiaan; Pegangan untuk Membangun Gerakan HAM†(Yogyakarta: Insist Press, 2003)

Eko Prasetyo, Kiri Islam; Jalan Menuju Revolusi Sosial (Yogyakarta: Insist Press, 2003)

Mansour Fakih, Jalan Lain; Manifesto Intelektual Organik (Yogyakarta: Insist Press, 2002)

Paulo Freire, Ivan Illic dan Erich Fromm, Menggugat Pendidikan Fundamentalis Konservatif Liberal Anarkis, terj. Omi Intan Naomi (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2004)

Mansour Fakih et al, Pendidikan Popular; Membangun Kesadaran Kritis (Yogyakarta: Read Book, 2001)

PlumX Metrics

Published

2022-07-29

How to Cite

JAUHARUN NI’AM, A., NI’MAH, K., NUR WASIK, M., & SHOHIB, M. (2022). Dampak Kapitalisme terhadap Pendidikan di Madrasah. Reforma : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 11(1), 63–71. https://doi.org/10.30736/rf.v11i1.658

Issue

Section

Artikel