Dampak Kapitalisme terhadap Pendidikan di Madrasah
DOI:
https://doi.org/10.30736/rf.v11i1.658Keywords:
gesture, gesture respresentasional, konsep matematika, anak berkebutuhan khusus, tunarungu.Abstract
Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) memiliki prinsip belajar yang sedikit berbeda dengan anak umum lainnya, baik untuk memahami konsep maupun menyelesaikan masalah. Oleh karena itu peranan guru di Sekolah Dasar Luar Biasa (SDLB) sangat berpengaruh besar dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana gesture representasional dapat menyampaikan pengetahuan matematika guru kepada siswa tunarungu di Sekolah Dasar Luar Biasa lamongan. Penelitian ini difokuskan pada gerakan lengan dan tangan guru saat proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data penelitian dikukan dengan merekam secara audiovisual segala aktifitas guru saat proses belajar mengajar. Analisis data penelitian dilakukan dengan menggunakan triangulasi data. Hal ini dilakukan guru untuk mengkomunikasikan konsep matematika kepada siswanya. Selain sebagai alat komunikasi kepada siswa, gesture digunakan sebagai cara atau strategi dalam menyampaikan konsep matematika kepada siswa. Penelitian ini menunjukkan bahwa dengan bantuan gesture representasional disertai dengan ucapan yang dilakukan oleh guru kepada siswa tunarungu memberikan dampak positif dalam proses pentransferan informasi matematika kepada siswa. Hal ini dikarenakan gesture representasional yang dilakukan oleh guru berpengaruh terhadap siswa dalam menyampaikan pengetahuan matematika diantaranya: (1) menjelaskan dan mengklarifikasi gagasan guru dalam proses pembelajaran (2) memusatkan perhatian siswa saat proses belajar mengajar (3) mengurangi beban berpikir siswa baik saat menyelesaikan masalah matematika maupun saat menerima konsep matematika (4) sebagai alat yang mampu memberikan scaffolding untuk mendukung perkembangan konsep matematika siswa.Downloads
References
Sholihin, Muhammad, “Kapitalisme Pendidikan (Analisis Dampaknya Terhadap Upaya Mencerdaskan Kehidupan Bangsa)â€, Jurnal Nur El-Islam, Vol. 02 No. 02, 2015.
Azra Azyumardi, Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi di Tengah Tantangan Milenium III, (Jakarta: Kencana Prenada Media, 2012)
Rachman Assegaf, Abd, Filsafat Pendidikan Islam: Paradigma Baru Pendidikan Hadhari Berbasis integratif-interkonektif, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2011),
Sofwanudin, “Kapitalisasi Pendidikan Islam Sebuah Keharusan, dalam Sugiyanto “Deschooling Society dalam Ironiâ€, EDUKASI, VOL II, NO. 2, Desember 2004
Fakih, Mansou, “Sebuah Pengantar Komodifikasi Pendidikan Sebagai Ancaman Kemanusiaan, dalam Francis X. Wahono, Kapitalisme Pendidikan; Antara Kompetisi dan Keadilanâ€, cet. II (Yogyakarta: Insist Press, Cindelaras, Pustaka Pelajar, 2001)
Murningsih, Rochiyati, Sistem Ekonomi; “Telaah Kapitalis, Sosialis Dan Islam, Dalam “Cakrawala: Jurnal Studi Islamâ€, Vol. II, No.2, desember 2005
Robert C. Solomon dan Kathleen M. Higgins, Sejarah Filsafat, terj. Saut Pasaribu (Yogyakarta: Yayasan Bentang Budaya, 2002
Awalil Risky, “Agenda Neoliberalisme Mencengkeram Perekonomian Indonesia†(Yogyakarta: UCY Press, 2007
Bonnie Setiawan, “Stop WTO! dari Seattle sampai Bangkok†(Jakarta : INFID, 2000)
Eko prasetyo, et al., “Menegakkan Keadilan dan Kemanusiaan; Pegangan untuk Membangun Gerakan HAM†(Yogyakarta: Insist Press, 2003)
Eko Prasetyo, Kiri Islam; Jalan Menuju Revolusi Sosial (Yogyakarta: Insist Press, 2003)
Mansour Fakih, Jalan Lain; Manifesto Intelektual Organik (Yogyakarta: Insist Press, 2002)
Paulo Freire, Ivan Illic dan Erich Fromm, Menggugat Pendidikan Fundamentalis Konservatif Liberal Anarkis, terj. Omi Intan Naomi (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2004)
Mansour Fakih et al, Pendidikan Popular; Membangun Kesadaran Kritis (Yogyakarta: Read Book, 2001)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada Jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis, dan penulis mengakui bahwa Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran berhak sebagai pihak yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0).
- Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Berdasarkan ketentuan berikut:
- Atribusi —Mereka harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Mereka dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Mereka atau penggunaan Mereka.
- BerbagiSerupa — Apabila Mereka menggubah, mengubah, atau membuat turunan dari materi ini, Mereka harus menyebarluaskan kontribusi Mereka di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Mereka tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.
- Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif  dari naskah yang telah terbit di jurnal ini kedalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi kedalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran