PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR TEKNIK LISTRIK DASAR OTOMOTIF MELALUI METODE “THINK-PAIR-SHARE” PADA SISWA SMK NEGERI 1 BAURENO KABUPATEN BOJONEGORO

Authors

  • Achmad Niam Shofi SMK Negeri I Baureno Bojonegoro

DOI:

https://doi.org/10.30736/rf.v9i1.249

Keywords:

Prestasi belajar, think pair share

Abstract

Upaya peningkatan mutu pendidikan dan pengajaran dibutuhkan pembelajaran kooperatif dengan pendekatan struktural “Think-pair-share†yang ditetapkan secara eksplisit dengan memberi siswa waktu lebih banyak berpikir, menjawab, dan membantu satu sama lain. Tujuan penelitian adalah mengetahui pengaruh penggunaan model Cooperative Learning dengan pendekatan struktural “Think-Pair-Share†terhadap peningkatan ketuntasan belajar mata pelajaran Teknik Listrik Dasar Otomotif (TKDO) pada Kompetensi Dasar (KD) memahami dan membaca alat ukur listrik sesuai SOP siswa Kelas X-TKR2 SMKN 1 Baureno Kabupaten Bojonegoro. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian tindakan. Hasil penelitian menunjukkan perubahan yang signifikan pada hasil belajar (prestasi) dari Siklus I sampai dengan Siklus II yaitu dari siklus I : 71,88 (ketuntasan 56,25%) meningkat menjadi 81,41 (ketuntasan 93,75%), maka dapat disimpulkan ada peningkatan ketuntasan belajar mata pelajaran TKDO pada KD memahami dan membaca alat ukur listrik sesuai SOP siswa Kelas X-TKR2 SMKN 1 Baureno Kabupaten Bojonegoro. Kata kunci: Prestasi belajar, think pair share

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published

2020-06-30

How to Cite

Shofi, A. N. (2020). PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR TEKNIK LISTRIK DASAR OTOMOTIF MELALUI METODE “THINK-PAIR-SHARE” PADA SISWA SMK NEGERI 1 BAURENO KABUPATEN BOJONEGORO. Reforma : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 9(1), 32–39. https://doi.org/10.30736/rf.v9i1.249

Issue

Section

Artikel