AL-BIRUNI: KONSEP PEMBELAJARAN GAYA GRAVITASI DI MADRASAH ALIYAH
DOI:
https://doi.org/10.30736/rf.v10i1.447Keywords:
Al-Biruni, Gravitasi, Kelas XIAbstract
Al-Biruni adalah salah satu ilmuwan muslim yang bersal dari kota Bairun, sebuah kota yang menjadi wilayah Khawarizmi Persia, beliau memiliki nama lengkap Abu Ar-Rahyan Muhammad bin Ahmad Al-Biruni yang lahir pada tahun 973 dan meninggal pada tahun 1050 di Afganistan, beliau ilmuwan yang eksis pada abad pertengahan. Al-Biruni merupakan ilmuwan yang ikut andil dalam penemuan penting terkait pengukuran jenis berat (Specific Gravity) dengan melakukan berbagai perhitugan zat dengan cermat dan akurat. Materi pembelajaran gaya gravitasi biasanya di berikan pada kelas XI, sistem pembelajaran gaya gravitasi umumnya bersumber pada pemikiran ilmuwan barat, dan mengesampingkan sumber-sumber menurut pandangan ilmuwan islam, seperti penemuan Al-Biruni tentang konsep gaya gravitasi dengan melakukan eksperimen pengukuran jenis berat (Specific Gravity).Downloads
References
Abdurahman, D. 2011. Metodologi Penelitian Sejarah Islam. Yogyakarta: Penerbit Ombak.
Arsyad, M.N. 1995. Ilmuwan Muslim sepanjang Sejarah. Bandung: Mizan.
Berkhofer, R.F.Jr. 1969. A Behavioral Approach to Historical Analysis. New York: The Free Press.
Farrukh, O.A. 1945. Terjemah. The Arab Genius In Science and Philosophy. Washington: Amerika Council of Learnet Societies.
Garraghan, G.J. 1957. A Guide to Historical Method. London: Macmillan Education LTD.
Haque, M.A. 1998. Wajah Peradaban. Bandung: Zaman.
Kuntowijoyo. 1995. Pengantar Ilmu Sejarah. Yogyakarta: Yayasan Bentang Budaya.
Myers, E.A. 2003. Arabic Thought and The Western Word In The Golden Age of Islam. Yogyakarta: Fajar Pustaka Baru.
Renier, G.J. 2000. Metode dan Manfaat Ilmu Sejarah. Terjemahan Mu’in Umar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Tanpa tahun.
Sparavigna, A. C. 2013. “The Sciens of al-Biruniâ€. Aplplied Science and Technology.
Sulaiman, A. 2016. Mengenal Filsafat Islam. Bandung: Fadillah Press.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada Jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis, dan penulis mengakui bahwa Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran berhak sebagai pihak yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0).
- Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Berdasarkan ketentuan berikut:
- Atribusi —Mereka harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Mereka dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Mereka atau penggunaan Mereka.
- BerbagiSerupa — Apabila Mereka menggubah, mengubah, atau membuat turunan dari materi ini, Mereka harus menyebarluaskan kontribusi Mereka di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Mereka tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.
- Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif  dari naskah yang telah terbit di jurnal ini kedalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi kedalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran