Penggunaan Model Cooperative Script Untuk Meningkatkan Penguasaan Materi Menceritakan Kembali Isi Cerkak (Cerpen) Bahasa Jawa Secara Lisan
DOI:
https://doi.org/10.30736/rf.v13i1.757Keywords:
Cooperative Script, Menceritakan Kembali, Isi Cerita PendekAbstract
Penelitian tindakan kelas yang berlangsung 2 siklus ini bertujuan untuk meningkatkan penguasaan materi menceritakan kembali isi cerkak (cerpen) bahasa Jawa secara lisan melalui model pembelajaran Cooperative Script. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIII-E SMP Negeri 3 Sugio yang berjumlah 30 siswa, terdiri dari 14 laki-laki dan 16 perempuan. Kemudian data dianalisis secara descrptive qualitative. Hasil penelitian menyebutkan ketuntasan hasil belajar siswa pada pembelajaran siklus I sebesar 67 %, nilai rata-rata kelas mencapai 77. Pada pembelajaran siklus II naik 20% menjadi 87%, nilai rata-rata kelas mencapai 82
Downloads
References
Agus Windarti, dkk. 2015. Kirtya Basa. Surabaya: Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur
Arikunto, Suhardjono, dan Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Ibrahim, H. Muslimin. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: University Press.
Laksono. 2003. Kemampuan Berbicara Dalam Bercerita. Semarang: University Press.
Luxemburg, dkk. 1992. Pengantar Ilmu Sastra. Jakarta: PT. Gramedia.
Raka, Joni. 1998. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PCP PGSM Dikjen Dikti.
Sahertian. 2004. Rancangan Penilaian Hasil Belajar. Jakarta; Rineka Cipta.
Sudjiman, Panuti. 1988. Memahami Cerita Rekaan. Jakarta: Pustaka Jaya.
Suyanto. 1997. Pedoman Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Depdikbud
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada Jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis, dan penulis mengakui bahwa Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran berhak sebagai pihak yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0).
- Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Berdasarkan ketentuan berikut:
- Atribusi —Mereka harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Mereka dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Mereka atau penggunaan Mereka.
- BerbagiSerupa — Apabila Mereka menggubah, mengubah, atau membuat turunan dari materi ini, Mereka harus menyebarluaskan kontribusi Mereka di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Mereka tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.
- Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif  dari naskah yang telah terbit di jurnal ini kedalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi kedalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran