PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA SISWA KELAS III DI SDN SIWALANREJO
DOI:
https://doi.org/10.30736/rfma.v8i1.107Keywords:
Pembelajaran Kooperatif dan Model Pembelajaran STADAbstract
Agar belajar menjadi aktif, siswa harus mengerjakan banyak sekali tugas. Mereka harus menggunakan otak, mengkaji gagasan, memecahkan masalah, dan menerapkan apa yang mereka pelajari. Belajar aktif harus gesit, menyenangkan , bersemangat dan penuh gairah. Siswa bahkan harus sering meninggalkan tempat duduk mereka, bergerak leluasa dan berfikir keras.Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah peningkatan prestasi belajar matematika siswa dengan diterapkannya pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas III SDN Siwalanrejo Sukodadi ? (2) Bagaimanakah pengaruh pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap prestasi belajar siswa Kelas III SDN Siwalanrejo Sukodadi ? Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Ingin mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa setelah diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa Kelas III SDN Siwalanrejo Sukodadi. (2) Ingin mengetahui pengaruh pembelajarankooperatif tipe STAD terhadap prestasi belajar siswa pada siswa Kelas III SDN Siwalanrejo Sukodadi. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Siwalanrejo Sukodadi .Instrumen peneletian yang digunakan adalah angket siswa, RPP, hasil tes , lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu, siklus I (33%), siklus II (100%). Simpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat berpengaruh positif terhadap prestasi belajar Siswa kelas III SDN Siwalanrejo Sukodadi, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative pembelajaran Matematika. Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif dan Model Pembelajaran STADDownloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
2019-06-30
How to Cite
Mahin, M. (2019). PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA SISWA KELAS III DI SDN SIWALANREJO. Reforma : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(1), 127–133. https://doi.org/10.30736/rfma.v8i1.107
Issue
Section
Artikel
License
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada Jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis, dan penulis mengakui bahwa Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran berhak sebagai pihak yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0).
- Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Berdasarkan ketentuan berikut:
- Atribusi —Mereka harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Mereka dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Mereka atau penggunaan Mereka.
- BerbagiSerupa — Apabila Mereka menggubah, mengubah, atau membuat turunan dari materi ini, Mereka harus menyebarluaskan kontribusi Mereka di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Mereka tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.
- Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif  dari naskah yang telah terbit di jurnal ini kedalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi kedalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran