PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU DALAM PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI KLINIS PENGAWAS UPAYA PENINGKATAN CAPAIAN MUTU SEKOLAH DI TK BINAAN
DOI:
https://doi.org/10.30736/rfma.v8i1.111Keywords:
Kemampuan guru, Supervisi klinis, Peningkatan capaian mutuAbstract
Penelitian tindakan ini dimaksudkan untuk peningkatan capaian mutu sekolah melalui supervisi klinis yang dilakukan oleh pengawas kepada guru dalam lingkup binaannya. Objek penelitian sebanyak 15 guru di TK binaan wilayah kecamatan sukodadi kabupaten Lamongan pada tahun pelajaran 2017-2018. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) pembinaan Pengawas dalam upaya meningkatkan kemampuan guru TK melalui Supervisi klinis pengawas menunjukkan peningkatan pada tiap siklus; 2) aktivitas dalam kegiatan pembinaan menunjukkan bahwa seluruh guru dapat meningkatkan kinerjanya dengan baik dalam setiap aspek; 3) peningkatan kemampuan guru TK oleh Pengawas melalui Supervisi klinis pengawas ini menunjukkan peningkatan pada tiap siklusnya; 4) aktivitas pengawas menunjukkan bahwa kegiatan pembinaan melalui melalui Supervisi klinis pengawas bermanfaat dan dapat membantu guru TK untuk lebih mudah memahami konsep peran dan fungsi guru sehingga kemampuan guru TK dapat meningkat. Keyword: Kemampuan guru, Supervisi klinis, Peningkatan capaian mutuDownloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
2019-06-30
How to Cite
Isti’anah, I. (2019). PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU DALAM PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI KLINIS PENGAWAS UPAYA PENINGKATAN CAPAIAN MUTU SEKOLAH DI TK BINAAN. Reforma : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(1), 155–166. https://doi.org/10.30736/rfma.v8i1.111
Issue
Section
Artikel
License
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada Jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis, dan penulis mengakui bahwa Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran berhak sebagai pihak yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0).
- Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Berdasarkan ketentuan berikut:
- Atribusi —Mereka harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Mereka dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Mereka atau penggunaan Mereka.
- BerbagiSerupa — Apabila Mereka menggubah, mengubah, atau membuat turunan dari materi ini, Mereka harus menyebarluaskan kontribusi Mereka di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Mereka tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.
- Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif  dari naskah yang telah terbit di jurnal ini kedalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi kedalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran