ANALISIS KESALAHAN MAHASISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL SISTEM PERSAMAAN LINEAR MENGGUNAKAN OPERASI BARIS ELEMENTER
DOI:
https://doi.org/10.30736/rfma.v8i1.112Keywords:
Analisis kesalahan, Sistem persamaan linear, Operasi baris elementerAbstract
Dalam proses pembelajaran perlu dilihat, dievaluasi, diperbaiki, bahkan ditingkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran matematika yang telah dilakukan. Hal ini bertujuan supaya kesulitan belajar yang terjadi dan dialami siswa pada materi bahasan tertentu dapat dianalisis dan diberikan solusinya. Dengan begitu, harapannya akan terjadi perubahan perilaku dan prestasi belajar matematika yang lebih baik dan tidak melakukan kesalahan lagi. Berdasakan hasil obesrvasi peneliti pada mata kuliah aljabar linear dan matriks diperoleh bahwa masih banyak mahasiswa yang melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal-soal sistem persamaan linear menggunakan operasi baris elementer. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis jenis kesalahan mahasiswa dalam menyelesaikan soal-soal sistem persamaan linear menggunakan operasi baris elementer beserta faktor-faktor yang mempengaruhi kesalahan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk jenis kesalahan mahasiswa yang berkaitan dengan konsep sebesar 28,13%, kesalahan yang berkaitan dengan kesalahan hitung sebesar 40,63%, kesalahan penulisan dan penggunaan tanda sebesar 21,88%, kesalahan dengan menjawab sembarang sebesar 25%. Faktor internal yang mempengaruhi mahasiswa melakukan kesalahan yakni: 1) kecerobohan mahasiswa; 2) minat yang kurang terhadap mata kuliah matematika; 3) kurangnya penguasaan konsep; 4) kepercayaan diri yang rendah. Sedangkan faktor eksternal yang mempengaruhi yakni lingkungan belajar yang bising dan pengaruh pergaulan yang salah. Kata kunci: Analisis kesalahan, Sistem persamaan linear, Operasi baris elementerDownloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
2019-06-30
How to Cite
Nawafilah, N. Q. (2019). ANALISIS KESALAHAN MAHASISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL SISTEM PERSAMAAN LINEAR MENGGUNAKAN OPERASI BARIS ELEMENTER. Reforma : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(1), 167–172. https://doi.org/10.30736/rfma.v8i1.112
Issue
Section
Artikel
License
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada Jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis, dan penulis mengakui bahwa Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran berhak sebagai pihak yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0).
- Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Berdasarkan ketentuan berikut:
- Atribusi —Mereka harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Mereka dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Mereka atau penggunaan Mereka.
- BerbagiSerupa — Apabila Mereka menggubah, mengubah, atau membuat turunan dari materi ini, Mereka harus menyebarluaskan kontribusi Mereka di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Mereka tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.
- Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif  dari naskah yang telah terbit di jurnal ini kedalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi kedalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran