PENINGKATAN KEMAMPUAN APRESIASI DRAMA MATERI PERISTIWA SEKITAR PROKLAMASI MELALUI PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING) PADA SISWA KELAS XI IIS-1 SMA NEGERI 1 NGIMBANG LAMONGAN
DOI:
https://doi.org/10.30736/rf.v8i2.216Keywords:
Metode Bermain Peran (Role Playing)Abstract
Penelitian tindakan kelas ini memiliki tujuan untuk meningkatkan apresiasi drama materi sekitar proklamasi dengan menggunakan metode bermain peran (Role Playing ) pada pokok bahasan drama pendek yang dilakukan di kelas XI IIS-1 SMA Negeri 1 Ngimbang tahun pelajaran 2017/2018 dan melihat bagaimana peningkatan kemampuan siswa dalam mengapresiasi drama. Pada Penilitian Tindakan Kelas ini peneliti mengambil populasinya yakni kelas tinggi (4,5,6 ) pada SMA Negeri 1 Ngimbang akan tetapi yang menjadi sampel penelitian ini pada kelas XI IIS-1 yang berjumlah 32 siswa. Untuk mendapatkan hasil yang baik dan untuk mengetahui perkembangan kemampuan anak maka peneliti melakukan tindakan sebanyak dua siklus. Pada siklus I dan siklus II ternyata mengalami peningkatan kemampuan apresiasi drama materi sekitar proklamasi kearah yang lebih baik walaupun tidak secara signifikan, ini menunjukkan bahwa penelitian dengan menggunakan metode bermain peran ini harus lebih ditingkatkan lagi. Dari hasil perhitungan berdasarkan skor yang diperoleh pada siklus I yaitu 66,02 dan mengalami peningkatan menjadi rata-rata 70,25 pada siklus II. Dari data-data hasil penelitian tersebut maka dapat diambil kesimpulan bahwa pembelajaran menggunakan metode bermain peran ini dapat meningkatkan apresiasi drama pendek materi sekitar proklamasi pada anak-anak kelas XI IIS-1. Hasil positif ini ditunjukkan dengan mulai meningkatnya rasa kepercayaan diri anak dalam memerankan tokoh sesuai dengan karakter yang diinginkan seperti dalam teks drama pendek tersebut. Dengan mulai meningkatnya rasa percaya diri ini memberi efek positif dan merupakan modal dalam mengembangkan apresiasi terhadap drama pendek pada materi sekitar proklamasi. Kata kunci: Metode Bermain Peran (Role Playing)Downloads
Download data is not yet available.
Downloads
How to Cite
Hermiwati, L. (2020). PENINGKATAN KEMAMPUAN APRESIASI DRAMA MATERI PERISTIWA SEKITAR PROKLAMASI MELALUI PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING) PADA SISWA KELAS XI IIS-1 SMA NEGERI 1 NGIMBANG LAMONGAN. Reforma : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(2), 221–228. https://doi.org/10.30736/rf.v8i2.216
Issue
Section
Artikel
License
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada Jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis, dan penulis mengakui bahwa Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran berhak sebagai pihak yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0).
- Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Berdasarkan ketentuan berikut:
- Atribusi —Mereka harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Mereka dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Mereka atau penggunaan Mereka.
- BerbagiSerupa — Apabila Mereka menggubah, mengubah, atau membuat turunan dari materi ini, Mereka harus menyebarluaskan kontribusi Mereka di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Mereka tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.
- Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif  dari naskah yang telah terbit di jurnal ini kedalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi kedalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran