HUBUNGAN ANTARA PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM BIDANG STUDI GEOGRAFI KELAS VIII SMP AL – IRSYAD KOTA TERNATE

Authors

  • Fitri Annisa Djafar Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan IPS Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Unkhair
  • Hernita Pasongli 4Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan IPS Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Unkhair
  • Tamrin Robo Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan IPS Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Unkhair
  • A.R Tolangara Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan IPS Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Unkhair

DOI:

https://doi.org/10.30736/rf.v9i2.303

Keywords:

Perhatian Orang Tua, Prestasi Belajar

Abstract

Keluarga menjadi lingkungan pendidikan yang paling mendasar, pertama dan utama, karena di sinilah anak mengenal dunia pertama kalinya, lingkungan di luar dirinya. Kemudian disebut lingkungan pendidikan yang utama bagi anak, karena keberhasilan pendidikan anak dalam keluarga ketika anak berada dalam usia dini  yang dikenal sebagai usia emas (golden age), akan sangat berpengaruh pada keberhasilan pendidikan periode perkembangan anak berikutnya. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan antara perhatian orang tua terhadap prestasi belajar siswa dalam bidang studi geografi  kelas VIII SMP Al – Irsyad Kota Ternate. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif, sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP AL-Irsyad Kota Ternate yang berjumlah 33 orang siswa. Teknik dalam pengumpulan data menggunakan kuisioner. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan yang positif antara perhatian orang tua terhadap prestasi belajar siswa dalam bidang studi geografi kelas VIII SMP Al-Irsyad Kota Ternate, besar hubungan perhatian orang tua dan prestasi belajar adalah 89 %. Semakin tinggi perhatian orang tua maka akan semakin tinggi pula prestasi belajar siswa. Hal   ini   berarti   bentuk-bentuk   perhatian   orang   tua seperti  pemberian bimbingan dan nasehat, pengawasan terhadap anak, pemberian penghargaan dan hukuman, pemenuhan fasilitas belajar, penciptaan suasana rumah yang tenang, nyaman, dan tenteram serta pemberian keteladanan, pengarahan, dan dukungan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hawadi. 2010. Psikologi Perkembangan Anak: Mengenal Sifat, Bakat, dan Kemampuan anak. Jakarta: Grasindo.

Pratikno. 2012. Pengaruh Perhatian Orang Tua Dan Intensitas Belajar Kelompok Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Se-Gugus Cahyana Kecamatan Rembang Purbalingga Tahun Pelajaran 2011/ 2012. Skripsi. Yogyakarta: FIP UNY.

Sadulloh, U. 2010. PEDAGOGIK (Ilmu Mendidik). Bandung: Alfabeta.

Safaria. 2005. Interpersonal Intellegence: Metode Pengembangan Kecerdasan Interpersonal anak. Yogyakarta: Amara Books.

Saputro, A.P. 2015. Hubungan Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar IPS Dan Kecerdasan Interpersonal Siswa SD Kelas III. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

PlumX Metrics

Published

2020-12-05

How to Cite

Djafar, F. A., Pasongli, H., Robo, T., & Tolangara, A. (2020). HUBUNGAN ANTARA PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM BIDANG STUDI GEOGRAFI KELAS VIII SMP AL – IRSYAD KOTA TERNATE. Reforma : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 9(2), 61–65. https://doi.org/10.30736/rf.v9i2.303

Issue

Section

Artikel