Evaluasi Kelayakan Sarana Dan Prasarana Ruang Laboratorium Komputer
DOI:
https://doi.org/10.30736/rf.v11i1.651Keywords:
Evaluasi, Sarana dan Prasarana, Laboratorium Komputer, Discrepancy ModelAbstract
Penelitian evaluasi ini memiliki tujuan untuk 1)mengetahui kondisi sarana prasarana pendidikan ruang laboratorium komputer di SMKS Citra Nusantara. 2) mengetahui ketersediaan sarana dan prasarana pendidikan ruang laboratorium komputer di SMKS Citra Nusantara berdasarkan standar Permendiknas Nomor 40 Tahun 2008. 3) mengetahui tingkat kelayakan sarana dan prasarana ruang laboratorium komputer di SMKS Citra Nusantara berdasarkan standar Permendiknas Nomor 40 Tahun 2008. Penelitian ini merupakan penelitian evaluatif dengan menggunakan model kesenjangan (discrepancy model). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan Teknik observasi, dokumentasi dan wawancara. Sedangkan untuk teknik analisis data yaitu menggunakan statistik deskrriptif dan skala bertingkat. Hasil penelitian yang diperoleh pada penelitian ini menunjukan bahwa kondisi ketersediaan sarana dan prasarana ruang laboratorium komputer di SMKS Citra Nusantara telah memenuhi standar yang ada pada Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 40 Tahun 2008. Adapun tingkat kelayakan prasarana ruang laboratorium komputer SMKS Citra Nusantara saat ini telah dalam keadaan layak. sedangkan tingkat kelayakan sarana ruang laboratorium komputer SMKS Citra Nusantara saat ini telah masuk dalam keadaan sangat layak.Â
Downloads
References
Alip, Moch. 2016. “Teknik Pemesinan Di Kota Semarang Berdasarkan.†6(1):79–93.
Basthoh, El, and Najmi Hayati. 2020. “Evaluasi Sarana Dan Prasarana Laboratorium Ipa Sma Kabupaten Padang Pariaman.†Jurnal Kepemimpinan Dan Pengurusan Sekolah 5(1):65–70. doi: 10.34125/kp.v5i1.469.
Huruun’ien KI , Efendi A, Tamrin G. 2019. “Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Kejuruan ( JIPTEK ).†Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Kejuruan 101(2):https://jurnal.uns.ac.id/jptk.
Iskandar, Rohiat dan Puspa Djuwita. 2016. “Manajemen Sarana Dan Prasarana Sekolah Alam.†Jurnal Manajemen Dan Supervisi Pendidikan 1(1):60–66. doi: 10.17977/um025v1i12016p060.
Mayestika, Pebyola, and Mira Hasti Hasmira. 2021. “Artikel Penelitian.†Jurnal Perspektif 4(4):519. doi: 10.24036/perspektif.v4i4.466.
Musringudin, Abdul Rahman Ghani, and Dwi Priyono. 2020. Modul Pembelajaran Evaluasi Program Pendidikan.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2008. “Standar Sarana Dan Prasarana Untuk Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan(SMK/MAK).†Peraturan Menteri Pendidikan Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 40 Tahun 2008 (Standar Sarana dan Prasarana):1–403.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia. 2021. “Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 57 Tentang Standar Nasional Pendidikan.†Standar Nasional Pendidikan (102501):1–49.
Rahardiani, Anisa putri, Sukatiman, and Abdul Haris. 2017. “Analisis Kelayakan Sarana Dan Prasarana Praktik Di Bengkel Teknik Konstruksi Batu Dan Beton Smkn 5 Surakarta.†Indonesian Journal of Civil Engineering Education, 3(1):4–16.
Ramadhan, M. Agphin, R. Eka Murtinugraha, and Muhamad Subarkah. 2021. “Kelayakan Standar Sarana Dan Prasarana SMK Kompetensi Keahlian DPIB Di Kota Dan Kabupaten Bekasi ( Studi Kasus Di SMKN 6 Kota Bekasi Dan SMKN 1 Cikarang Barat ).†6(1).
Saleh, Y. S. 2020. “Manajemen Sarana Dan Prasarana Di Sekolah Menengah Kejuruan Amaliyah Sekadau.†Jurnal Al-Amin – Kajian Pendidikan Dan Sosial Kemasyarakatan 5(1):14–37.
Strom, George. 1983. Manage the Vocational Laboratory. Second Edition.
Stufflebeam, Daniel L. 2005. “Foundational Models for 21st Century Program Evaluation.†Evaluation Models 33–83. doi: 10.1007/0-306-47559-6_3.
Tjahyani, Busono. 2011. “Evaluasi Pemenuhan Standar Minimal Sarana Dan Prasarana Pendidikan Dasar Di Kota Bandung.†INVOTEC VII, No. 1:81–91.
Waramatias, Waramatias. 2016. “Evaluasi Implementasi Kebijakan Standar Sarana Dan Prasarana Laboratorium Fisika Sma Negeri 2 Kota Tangerang Selatan.†Jurnal Manajemen Pendidikan 7(1):1286–96. doi: 10.21009/jmp.v7i1.1834.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada Jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis, dan penulis mengakui bahwa Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran berhak sebagai pihak yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0).
- Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Berdasarkan ketentuan berikut:
- Atribusi —Mereka harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Mereka dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Mereka atau penggunaan Mereka.
- BerbagiSerupa — Apabila Mereka menggubah, mengubah, atau membuat turunan dari materi ini, Mereka harus menyebarluaskan kontribusi Mereka di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Mereka tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.
- Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif  dari naskah yang telah terbit di jurnal ini kedalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi kedalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran