Pembaruan Pendidikan Islam Melalui Peran Guru Berbasis Pendidikan Profetik

Authors

  • Madekhan Madekhan Universitas Islam
  • Anang Fakhrur Rozi Universitas Islam Lamongan

DOI:

https://doi.org/10.30736/rf.v11i2.753

Keywords:

Pembaruan, Guru, Pendidikan Profetik

Abstract

Pendekatan mikrokosmos Pendidikan menempatkan pembelajaran Pendidikan Islam sebagai aktifitas menyenangkan peserta didik. Pengembangan potensi kognitif, afektif, dan psikomotorik berpusat pada kompetensi guru. Guru adalah pelaku utama untuk dapat mencapai keberhasilan dari tujuan pembelajaran, sekaligus setiap langkah pembaruan pendidikan. Guru seharusnya menciptakan suatu inspiring teaching dengan melalui kompetensinya kepribadian, profesional, pedagogik, dan sosial. Sayangnya, situasi kekinian dalam pembelajaran, peran dominan guru menjadi hambatan dalam perkembangan kemampuan peserta didik. Orientasi pembelajaran yang sekedar mengejar target penuntasan bahan ajar menyebabkan peserta didik sering tidak nyaman dan tidak mampu mengembangkan kemandirian dan kemampuan berpikir kritis. Peran guru berbasis pendidikan profetik, menjadi alternatif yang sangat relevan untuk efektifitas pembaruan Pendidikan Islam. Di sini, pengembangan kompetensi guru berpijak pada tiga pilar: transendensi, humanisasi dan liberasi. Pilar transendensi berpusat pada ikhtiar literasi keagamaan peserta didik. Praktek liberasi didasari interaksi kelas yang selalu membawa misi akhlak kenabian. Pilar humanisasi dapat dilihat dari inisiatif guru yang mampu menjadikan perbedaan antar peserta didik sebagai potensi mereka menjadi pribadi yang unggul dan berkarakter.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali, Madekhan. (2020). Pendidikan Islam dan Perubahan Sosial, Pustaka Wacana

Al-Zarnuji. (n.d.). Ta’lim Muta’allim Tariq at-Ta’allum. Maktabah Salim Umar.

Andina, E. (2018). Efektifitas Pengukuran Kompetensi Guru. Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial, 9(2), 204–220.

Athiyah al-Ibrasyi, M. (1993). Ruh at-Tarbiyah wa at-Ta’li. Dar al-Fikr al- ‘Arabi.

Daradjat, Z. (1982). Kepribadian Guru. Bulan Bintang.

George, Mary. W. (2008). The Elements of Library Research, Princeton University Press

Illahi, N. (2020). Peranan Guru Profesional dalam Peningkatan Prestasi Siswa dan Mutu Pendidikan di Era Milenial. Asy-Syukriyyah, 21(1). https://doi.org/https://doi.org/10.36769/asy.v21i1.94

Mar’aha, F., & Roqib, M. (2021). Konsep Pendidik dalam Paradigma Profetik untuk Menghadapi Era Society 5.0. Jurnal Penelitian Agama, 22(1), 139–152. https://doi.org/10.24090/JPA.V22I1.2021.PP139-152

Mujib, A. (2006). Ilmu Pendidikan Islam (Kencana Pr).

Roqib, M., & Nurfuadi. (2020). Kepribadian Guru: Upaya Mengembangkan Kepribadian Guru yang Sehat di Masa Depan. Cinta Buku.

Sardiman. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Rajawali Press.

PlumX Metrics

Published

2023-02-25

How to Cite

Madekhan, M., & Rozi, A. F. (2023). Pembaruan Pendidikan Islam Melalui Peran Guru Berbasis Pendidikan Profetik. Reforma : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 11(2), 94–103. https://doi.org/10.30736/rf.v11i2.753

Issue

Section

Artikel