Pembaruan Pendidikan Islam Melalui Peran Guru Berbasis Pendidikan Profetik
DOI:
https://doi.org/10.30736/rf.v11i2.753Keywords:
Pembaruan, Guru, Pendidikan ProfetikAbstract
Pendekatan mikrokosmos Pendidikan menempatkan pembelajaran Pendidikan Islam sebagai aktifitas menyenangkan peserta didik. Pengembangan potensi kognitif, afektif, dan psikomotorik berpusat pada kompetensi guru. Guru adalah pelaku utama untuk dapat mencapai keberhasilan dari tujuan pembelajaran, sekaligus setiap langkah pembaruan pendidikan. Guru seharusnya menciptakan suatu inspiring teaching dengan melalui kompetensinya kepribadian, profesional, pedagogik, dan sosial. Sayangnya, situasi kekinian dalam pembelajaran, peran dominan guru menjadi hambatan dalam perkembangan kemampuan peserta didik. Orientasi pembelajaran yang sekedar mengejar target penuntasan bahan ajar menyebabkan peserta didik sering tidak nyaman dan tidak mampu mengembangkan kemandirian dan kemampuan berpikir kritis. Peran guru berbasis pendidikan profetik, menjadi alternatif yang sangat relevan untuk efektifitas pembaruan Pendidikan Islam. Di sini, pengembangan kompetensi guru berpijak pada tiga pilar: transendensi, humanisasi dan liberasi. Pilar transendensi berpusat pada ikhtiar literasi keagamaan peserta didik. Praktek liberasi didasari interaksi kelas yang selalu membawa misi akhlak kenabian. Pilar humanisasi dapat dilihat dari inisiatif guru yang mampu menjadikan perbedaan antar peserta didik sebagai potensi mereka menjadi pribadi yang unggul dan berkarakter.Downloads
References
Ali, Madekhan. (2020). Pendidikan Islam dan Perubahan Sosial, Pustaka Wacana
Al-Zarnuji. (n.d.). Ta’lim Muta’allim Tariq at-Ta’allum. Maktabah Salim Umar.
Andina, E. (2018). Efektifitas Pengukuran Kompetensi Guru. Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial, 9(2), 204–220.
Athiyah al-Ibrasyi, M. (1993). Ruh at-Tarbiyah wa at-Ta’li. Dar al-Fikr al- ‘Arabi.
Daradjat, Z. (1982). Kepribadian Guru. Bulan Bintang.
George, Mary. W. (2008). The Elements of Library Research, Princeton University Press
Illahi, N. (2020). Peranan Guru Profesional dalam Peningkatan Prestasi Siswa dan Mutu Pendidikan di Era Milenial. Asy-Syukriyyah, 21(1). https://doi.org/https://doi.org/10.36769/asy.v21i1.94
Mar’aha, F., & Roqib, M. (2021). Konsep Pendidik dalam Paradigma Profetik untuk Menghadapi Era Society 5.0. Jurnal Penelitian Agama, 22(1), 139–152. https://doi.org/10.24090/JPA.V22I1.2021.PP139-152
Mujib, A. (2006). Ilmu Pendidikan Islam (Kencana Pr).
Roqib, M., & Nurfuadi. (2020). Kepribadian Guru: Upaya Mengembangkan Kepribadian Guru yang Sehat di Masa Depan. Cinta Buku.
Sardiman. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Rajawali Press.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada Jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis, dan penulis mengakui bahwa Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran berhak sebagai pihak yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0).
- Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Berdasarkan ketentuan berikut:
- Atribusi —Mereka harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Mereka dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Mereka atau penggunaan Mereka.
- BerbagiSerupa — Apabila Mereka menggubah, mengubah, atau membuat turunan dari materi ini, Mereka harus menyebarluaskan kontribusi Mereka di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Mereka tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.
- Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif  dari naskah yang telah terbit di jurnal ini kedalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi kedalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran