Pemanfaatan Chromebook dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Kelas Rendah Melalui Implementasi Cerita Bergambar Berbantuan Aplikasi Literacy Cloud
DOI:
https://doi.org/10.30736/rf.v13i1.789Keywords:
minat baca, cerita bergambar, literacy cloudAbstract
Pembelajaran bahasa Indonesia bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi lisan dan tulis siswa. Belajar bahasa Indonesia pasti dapat meningkatkan keterampilan mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis Anda. Urutan keempat aspek tersebut dihasilkan dari perolehannya. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Blimbing 2 Malang dikarenakan peneliti adalah salah satu pengajar di sekolah tersebut, selain itu pula sekolah tersebut memilik perangkat Chromebook yang cukup namun pemanfaatannya masih kurang. Sebenarnya budaya membaca di SDN Blimbing 2 sudah diperkenalkan, namun minat baca siswa masih rendah. Hal ini terlihat dari banyaknya siswa yang membaca di perpustakaan. Siswa lebih banyak menghabiskan waktu luang dengan bermain game. Kurangnya minat membaca bersumber dari kurangnya keinginan dan motivasi diri akan pentingnya membaca. Ini juga karena kurangnya dukungan dari lingkungan. Dengan bantuan chromebook menggunakan Literacy cloud, minat baca dapat ditingkatkan. Literacy cloud ini dilengkapi dengan berbagai cerita bergambar untuk merangsang minat baca siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian deskriptif kualitatif. Ada beberapa manfaat dari kegiatan ini yang dirasakan guru dan siswa selama proses pembelajaran di kelas. Pertama, guru mendapatkan pengalaman baru dengan media dan sumber belajar yang mudah digunakan. Kedua, siswa lebih bersemangat karena dapat secara langsung mengoperasikan chromebook, dan yang ketiga siswa lebih fokus ketika memilih dan membaca cerita dengan gambar
Downloads
References
Bangsawan, I. P. R. (2018). Minat Baca Siswa. Dinas Pendidikan, Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata Kabupaten Banyuasin. https://books.google.co.id/books?id=OCN9DwAAQBAJ
Elendiana, M. (2020). Upaya Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 54–60. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.572
Patel. (2012). Penelitian Kualitatif : Metode Penelitian Kualitatif. In Jurnal EQUILIBRIUM (Vol. 5, Issue January). Cv Jejak. http://belajarpsikologi.com/metode-penelitian-kualitatif/
Sugawara, E., & Nikaido, H. (2014). Properties of AdeABC and AdeIJK efflux systems of Acinetobacter baumannii compared with those of the AcrAB-TolC system of Escherichia coli. Antimicrobial Agents and Chemotherapy, 58(12), 7250–7257. https://doi.org/10.1128/AAC.03728-14
Sukmawan, S., Sahirrudin, Iksan, N., Firdaus, E. N., Ramadhani, A. K., Amami, D. Y., & Kirana, N. S. (2022). Wening Hening Geliat dan Siasat Pemajuan Warisan Budaya Toyomarto. books.google.com. https://books.google.com/books?hl=en%5C&lr=%5C&id=rRKfEAAAQBAJ%5C&oi=fnd%5C&pg=PP1%5C&dq=wening+hening+geliat+dan+siasat+pemajuan+warisan+budaya+toyomarto%5C&ots=5gxDCFiMS2%5C&sig=dlGG0mkY0x2OZ6sHWeDurphr7NY
Yeni Ernawati, Andina Muchti, Enny Hidajati, Ayu Puspita Indah Sari, Hastari Mayrita, Roza, A., Aprilia, I., & Facriansyah, M. (2022). Peningkatan Literasi Baca-Tulis Bagi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Menggunakan Literacy Cloud: Identifikasi Tokoh dan Watak dalam Dongeng. JPM : Jurnal Pengabdian Mandiri, 1(8), 1471–1478.
Zellatifanny, C. M., & Mudjiyanto, B. (2018). Tipe Penelitian Deskripsi Dalam Ilmu Komunikasi. Diakom : Jurnal Media Dan Komunikasi, 1(2), 83–90. https://doi.org/10.17933/diakom.v1i2.20
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada Jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis, dan penulis mengakui bahwa Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran berhak sebagai pihak yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0).
- Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Berdasarkan ketentuan berikut:
- Atribusi —Mereka harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Mereka dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Mereka atau penggunaan Mereka.
- BerbagiSerupa — Apabila Mereka menggubah, mengubah, atau membuat turunan dari materi ini, Mereka harus menyebarluaskan kontribusi Mereka di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Mereka tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.
- Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif  dari naskah yang telah terbit di jurnal ini kedalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi kedalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran