Pemanfaatan Chromebook dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Kelas Rendah Melalui Implementasi Cerita Bergambar Berbantuan Aplikasi Literacy Cloud

Authors

  • Mochammad Amirudin Ichda SDN Blimbing 2 Malang http://orcid.org/0000-0002-3486-1517
  • Astika Berliana Wanti Universitas Negeri Malang
  • Hariyanto Hariyanto Universitas Negeri Malang
  • Ade Eka Anggraini Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.30736/rf.v13i1.789

Keywords:

minat baca, cerita bergambar, literacy cloud

Abstract

Pembelajaran bahasa Indonesia bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi lisan dan tulis siswa. Belajar bahasa Indonesia pasti dapat meningkatkan keterampilan mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis Anda. Urutan keempat aspek tersebut dihasilkan dari perolehannya. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Blimbing 2 Malang dikarenakan peneliti adalah salah satu pengajar di sekolah tersebut, selain itu pula sekolah tersebut memilik perangkat Chromebook yang cukup namun pemanfaatannya masih kurang. Sebenarnya budaya membaca di SDN Blimbing 2 sudah diperkenalkan, namun minat baca siswa masih rendah. Hal ini terlihat dari banyaknya siswa yang membaca di perpustakaan. Siswa lebih banyak menghabiskan waktu luang dengan bermain game. Kurangnya minat membaca bersumber dari kurangnya keinginan dan motivasi diri akan pentingnya membaca. Ini juga karena kurangnya dukungan dari lingkungan. Dengan bantuan chromebook menggunakan Literacy cloud, minat baca dapat ditingkatkan. Literacy cloud ini dilengkapi dengan berbagai cerita bergambar untuk merangsang minat baca siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian deskriptif kualitatif. Ada beberapa manfaat dari kegiatan ini yang dirasakan guru dan siswa selama proses pembelajaran di kelas. Pertama, guru mendapatkan pengalaman baru dengan media dan sumber belajar yang mudah digunakan. Kedua, siswa lebih bersemangat karena dapat secara langsung mengoperasikan chromebook, dan yang ketiga siswa lebih fokus ketika memilih dan membaca cerita dengan gambar

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bangsawan, I. P. R. (2018). Minat Baca Siswa. Dinas Pendidikan, Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata Kabupaten Banyuasin. https://books.google.co.id/books?id=OCN9DwAAQBAJ

Elendiana, M. (2020). Upaya Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 54–60. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.572

Patel. (2012). Penelitian Kualitatif : Metode Penelitian Kualitatif. In Jurnal EQUILIBRIUM (Vol. 5, Issue January). Cv Jejak. http://belajarpsikologi.com/metode-penelitian-kualitatif/

Sugawara, E., & Nikaido, H. (2014). Properties of AdeABC and AdeIJK efflux systems of Acinetobacter baumannii compared with those of the AcrAB-TolC system of Escherichia coli. Antimicrobial Agents and Chemotherapy, 58(12), 7250–7257. https://doi.org/10.1128/AAC.03728-14

Sukmawan, S., Sahirrudin, Iksan, N., Firdaus, E. N., Ramadhani, A. K., Amami, D. Y., & Kirana, N. S. (2022). Wening Hening Geliat dan Siasat Pemajuan Warisan Budaya Toyomarto. books.google.com. https://books.google.com/books?hl=en%5C&lr=%5C&id=rRKfEAAAQBAJ%5C&oi=fnd%5C&pg=PP1%5C&dq=wening+hening+geliat+dan+siasat+pemajuan+warisan+budaya+toyomarto%5C&ots=5gxDCFiMS2%5C&sig=dlGG0mkY0x2OZ6sHWeDurphr7NY

Yeni Ernawati, Andina Muchti, Enny Hidajati, Ayu Puspita Indah Sari, Hastari Mayrita, Roza, A., Aprilia, I., & Facriansyah, M. (2022). Peningkatan Literasi Baca-Tulis Bagi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Menggunakan Literacy Cloud: Identifikasi Tokoh dan Watak dalam Dongeng. JPM : Jurnal Pengabdian Mandiri, 1(8), 1471–1478.

Zellatifanny, C. M., & Mudjiyanto, B. (2018). Tipe Penelitian Deskripsi Dalam Ilmu Komunikasi. Diakom : Jurnal Media Dan Komunikasi, 1(2), 83–90. https://doi.org/10.17933/diakom.v1i2.20

PlumX Metrics

Published

2023-05-27

How to Cite

Ichda, M. A., Berliana Wanti, A., Hariyanto, H., & Eka Anggraini, A. (2023). Pemanfaatan Chromebook dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Kelas Rendah Melalui Implementasi Cerita Bergambar Berbantuan Aplikasi Literacy Cloud. Reforma : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 13(1), 32–40. https://doi.org/10.30736/rf.v13i1.789

Issue

Section

Artikel