Implementasi Whole Language Pada Pendekatan STEM Berbantukan Media Broadcasting Buatan
DOI:
https://doi.org/10.30736/rf.v13i1.790Keywords:
Whole language, STEM, Media Broadcasting BuatanAbstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana kemampuan berbahasa siswa (whole language) pada pendekatan STEM yang dibantu media broadcasting buatan pada tema cuaca. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan partisipan siswa kelas III SD Negeri Tegal Weru, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang, sebanyak 23 siswa, yang terdiri dari 11 siswa perempuan dan 12 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data yang digunkan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada implementasi whole language, yang terlihat pada penelitian ini yaitu 1) pada keterampilan berbicara, siswa melakukan kegiatan wawancara; 2) pada keterampilan membaca, siswa melakukan kegiatan membaca laporan berita; 3) pada keterampilan menulis, siswa membuat daftar pertanyaan wawancara; dan 4) pada keterampilan menyimak, siswa menyimak berita yang disampaikan temannya. Kemudian pendekatan STEM yang terlihat dalam penelitian ini yaitu 1) bidang science yaitu dalam bentuk teks berita yang dilaporkan oleh siswa mengenai perkembangan keadaan cuaca; 2) bidang technology, yaitu media broadcasting yang dibuat oleh siswa berupa, remote televisi, televisi, mic, dan kamera; 3) bidang engineering, yaitu langkah-langkah yang dilakukan siswa dalam membuat media broadcasting; dan 4) bidang mathematics, yaitu pembacaan berita dalam bentuk penyebutan matematika.
Downloads
References
Awalludin. (2017). Pengantar Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi. Deepublish.
Banila, L., Lestari, H., & Siskandar, R. (2021). Penerapan blended learning dengan pendekatan STEM untuk meningkatkan kemampuan literasi sains siswa pada pembelajaran biologi di masa pandemi covid-19. Journal of Biology Learning, 3(1), 25. https://doi.org/10.32585/jbl.v3i1.1348
Busri, H., Badrih, M., Sofiah, U., Farizi, M. F. Al, Rahmania, A., & Aulia, A. (2021). Linguistik Terapan Konsep Pembelajaran dan Penelitian Linguistik Mutakhir. Literasi Nusantara.
Herlina, & Chandra, N. (2021). English for Teacher Education Program. Yayasan Pendidikan Cendekia Muslim.
Hidayah, N. (2016). Pembelajaran Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. Garudhawaca.
Jaya, B. K. (2016). Kuliah Jurusan Apa? BROADCASTING. PT Gramedia Pustaka Utama.
Simarmata, J., Simanihuruk, L., Ramadhani, R., Safitri, M., Wahyuni, D., & Iskandar, A. (2020). Pembelajaran STEM Berbasis HOTS dan Penerapannya. Yayasan Kita Menulis.
Struyf, A., De Loof, H., Boeve-de Pauw, J., & Van Petegem, P. (2019). Students’ engagement in different STEM learning environments: integrated STEM education as promising practice? International Journal of Science Education, 41(10), 1387–1407. https://doi.org/10.1080/09500693.2019.1607983
Tay, J., Salazar, A., & Lee, H. (2018). Parental Perceptions of STEM Enrichment for Young Children. Journal for the Education of the Gifted, 41(1), 5–23. https://doi.org/10.1177/0162353217745159
Wibowo, F. C., Sanjaya, L. A., Darman, D. R., Fitri, U. R., Oktavianty, E., & Ermawati, E. A. (2023). Pembelajaran Nano Learning Berbasis STEM. Yayasan Kita Menulis.
Yasin, A. I., Prima, E. C., & Sholihin, H. (2018). Learning Electricity using Arduino-Android based Game to Improve STEM Literacy. Journal of Science Learning, 1(3), 77. https://doi.org/10.17509/jsl.v1i3.11789
Zalzulifa, M. P. (2018). Pembelajaran Bahasa Pendekatan Wirausaha Penerbitan: Sebuah Metode Tematik Vokasi. Muhammadiyah University Press.
Downloads
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada Jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis, dan penulis mengakui bahwa Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran berhak sebagai pihak yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0).
- Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Berdasarkan ketentuan berikut:
- Atribusi —Mereka harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Mereka dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Mereka atau penggunaan Mereka.
- BerbagiSerupa — Apabila Mereka menggubah, mengubah, atau membuat turunan dari materi ini, Mereka harus menyebarluaskan kontribusi Mereka di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Mereka tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.
- Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif  dari naskah yang telah terbit di jurnal ini kedalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi kedalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran