Implementasi Whole Language Pada Pendekatan STEM Berbantukan Media Broadcasting Buatan

Authors

  • Mudrikah Mudrikah Pascasarjana Prodi Pendidikan Dasar Universitas Negeri Malang
  • Tesya Mahdaniya Ode Naana Universitas Negeri Malang
  • Ade Eka Anggraini Universitas Negeri Malang
  • Hariyanto Hariyanto Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.30736/rf.v13i1.790

Keywords:

Whole language, STEM, Media Broadcasting Buatan

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana kemampuan berbahasa siswa (whole language) pada pendekatan STEM yang dibantu media broadcasting buatan pada tema cuaca. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan partisipan siswa kelas III SD Negeri Tegal Weru, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang, sebanyak 23 siswa, yang terdiri dari 11 siswa perempuan dan 12 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data yang digunkan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada implementasi whole language, yang terlihat pada penelitian ini yaitu 1) pada keterampilan berbicara, siswa melakukan kegiatan wawancara; 2) pada keterampilan membaca, siswa melakukan kegiatan membaca laporan berita; 3) pada keterampilan menulis, siswa membuat daftar pertanyaan wawancara; dan 4) pada keterampilan menyimak, siswa menyimak berita yang disampaikan temannya. Kemudian pendekatan STEM yang terlihat dalam penelitian ini yaitu 1) bidang science yaitu dalam bentuk teks berita yang dilaporkan oleh siswa mengenai perkembangan keadaan cuaca; 2) bidang technology, yaitu media broadcasting yang dibuat oleh siswa berupa, remote televisi, televisi, mic, dan kamera; 3) bidang engineering, yaitu langkah-langkah yang dilakukan siswa dalam membuat media broadcasting; dan 4) bidang mathematics, yaitu pembacaan berita dalam bentuk penyebutan matematika.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Mudrikah Mudrikah, Pascasarjana Prodi Pendidikan Dasar Universitas Negeri Malang

Guru di SD Negeri Tegalweru Kecamatan Dau Kab. Malang

References

Awalludin. (2017). Pengantar Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi. Deepublish.

Banila, L., Lestari, H., & Siskandar, R. (2021). Penerapan blended learning dengan pendekatan STEM untuk meningkatkan kemampuan literasi sains siswa pada pembelajaran biologi di masa pandemi covid-19. Journal of Biology Learning, 3(1), 25. https://doi.org/10.32585/jbl.v3i1.1348

Busri, H., Badrih, M., Sofiah, U., Farizi, M. F. Al, Rahmania, A., & Aulia, A. (2021). Linguistik Terapan Konsep Pembelajaran dan Penelitian Linguistik Mutakhir. Literasi Nusantara.

Herlina, & Chandra, N. (2021). English for Teacher Education Program. Yayasan Pendidikan Cendekia Muslim.

Hidayah, N. (2016). Pembelajaran Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. Garudhawaca.

Jaya, B. K. (2016). Kuliah Jurusan Apa? BROADCASTING. PT Gramedia Pustaka Utama.

Simarmata, J., Simanihuruk, L., Ramadhani, R., Safitri, M., Wahyuni, D., & Iskandar, A. (2020). Pembelajaran STEM Berbasis HOTS dan Penerapannya. Yayasan Kita Menulis.

Struyf, A., De Loof, H., Boeve-de Pauw, J., & Van Petegem, P. (2019). Students’ engagement in different STEM learning environments: integrated STEM education as promising practice? International Journal of Science Education, 41(10), 1387–1407. https://doi.org/10.1080/09500693.2019.1607983

Tay, J., Salazar, A., & Lee, H. (2018). Parental Perceptions of STEM Enrichment for Young Children. Journal for the Education of the Gifted, 41(1), 5–23. https://doi.org/10.1177/0162353217745159

Wibowo, F. C., Sanjaya, L. A., Darman, D. R., Fitri, U. R., Oktavianty, E., & Ermawati, E. A. (2023). Pembelajaran Nano Learning Berbasis STEM. Yayasan Kita Menulis.

Yasin, A. I., Prima, E. C., & Sholihin, H. (2018). Learning Electricity using Arduino-Android based Game to Improve STEM Literacy. Journal of Science Learning, 1(3), 77. https://doi.org/10.17509/jsl.v1i3.11789

Zalzulifa, M. P. (2018). Pembelajaran Bahasa Pendekatan Wirausaha Penerbitan: Sebuah Metode Tematik Vokasi. Muhammadiyah University Press.

PlumX Metrics

Published

2023-05-27

How to Cite

Mudrikah, M., Ode Naana, T. M., Eka Anggraini, A., & Hariyanto, H. (2023). Implementasi Whole Language Pada Pendekatan STEM Berbantukan Media Broadcasting Buatan. Reforma : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 13(1), 22–31. https://doi.org/10.30736/rf.v13i1.790

Issue

Section

Artikel