UPAYA PENINGKATAN PRESTASI PADA PELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION PADA SISWA KELAS IV

Authors

  • Ilham Ilham

DOI:

https://doi.org/10.30736/rfma.v8i1.110

Keywords:

Pelajaran IPS, Group Investigation

Abstract

Pembelajaran pada era sekarang diharapkan dapat menghadirkan suasana baru bagi siswa-siswinya, oleh karena itu pembelajaran yang diberikan pada saat PBM berlangsung harus bisa memberikan suasana yang bisa membuat siswa-siswinya lebih termotivasi untuk belajar. Pengguinaan model pembelajaran Group Investigation ( melalui metode diskusi dan kerja kelompok ) ternyata memberikan pilihan terbaik, karena siswa lebih termotivasi,antusia dan bersemangat dalam mengikuti pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Suasana pembelajaran lebih hidup karena siswa dapat berdiskusi memecahkan permsalahan yang diberikan oleh guru dan mengerjakan tugas dari guru secara kelompok. Pada penelitian ini subyeknya adalah siswa kelas IV SDN Siwalarejo Kecamatan Sukodadi Kabupaten Lamongan sebanyak 17 siswa. Dengan menggunakan Tehnik Penelitian Tindakan Kelas sebanyak 2 siklus. Dari siklus I ke siklus II ternyata ada pengaruh yang signifikan. Pada Siklus I ketercapaian prosentase ketuntasan adalah 47% sedangkan pada siklus II mencapai ketuntasan maksimal yaitu 100%. Sedangkan nilai rata-rata ulangan pada siklus I adalah 61 dan pada siklus II naik menjadi 80. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif antara penggunaan metode diskusi dan kerja kelompok dalam meningkatkan prestasi siswa. Kata Kunci : Pelajaran IPS, Group Investigation

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published

2019-06-30

How to Cite

Ilham, I. (2019). UPAYA PENINGKATAN PRESTASI PADA PELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION PADA SISWA KELAS IV. Reforma : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(1), 147–154. https://doi.org/10.30736/rfma.v8i1.110

Issue

Section

Artikel