PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD PADA MATA PELAJARAN IPA DI SD KYAI HASYIM SURABAYA

Authors

  • Mukhammad Masruri
  • Mohammad Taufiq
  • Muhammad Thamrin Hidayat
  • Syamsul Ghufron

DOI:

https://doi.org/10.30736/rf.v8i2.219

Keywords:

Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui menguji ada pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V SD Kyai Hasyim Surabaya. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen dengan menggunakan desain One Group Pretest-Posttest. Subjek yang digunakan pada penelitian ini adalah siswa kelas V SD Kyai Hasyim Surabaya. Penelitian ini dilaksanakan di SD Kyai Hasyim Surabaya pada tanggal 22 Oktober 2018. Teknk pengumpulan data adalah menggunakan observasi, angket dan tes yag berupa pretest dan posttest. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SD Kyai Hasyim Surabaya setelah menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Peningkatan tersebut disebabkan karena penyajian dalam materi rantai makanan menarik. Jumlah skor dari posttest yakni 3478 dengan rata-rata 86,95, sehingga presentase rata-rata tersebut masuk ke dalam kategori sangat baik. pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa kelas V SD KYai Hasyim Surabaya yakni terdapat perubahan kenaikan skor sebanyak 780 poin sedangkan presentase rata-rata naik sebanyak 19,50, maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis 1 (H1) diterima. Artinya terdapat perbedaan antara nilai hasil pretest dan post test dan terdapat adanya pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap hasil belajar siswa. Kata kunci: Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing, Hasil Belajar

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

How to Cite

Masruri, M., Taufiq, M., Hidayat, M. T., & Ghufron, S. (2020). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD PADA MATA PELAJARAN IPA DI SD KYAI HASYIM SURABAYA. Reforma : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(2), 247–255. https://doi.org/10.30736/rf.v8i2.219

Issue

Section

Artikel