PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD PADA MATA PELAJARAN IPA DI SD KYAI HASYIM SURABAYA
DOI:
https://doi.org/10.30736/rf.v8i2.219Keywords:
Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui menguji ada pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V SD Kyai Hasyim Surabaya. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen dengan menggunakan desain One Group Pretest-Posttest. Subjek yang digunakan pada penelitian ini adalah siswa kelas V SD Kyai Hasyim Surabaya. Penelitian ini dilaksanakan di SD Kyai Hasyim Surabaya pada tanggal 22 Oktober 2018. Teknk pengumpulan data adalah menggunakan observasi, angket dan tes yag berupa pretest dan posttest. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SD Kyai Hasyim Surabaya setelah menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Peningkatan tersebut disebabkan karena penyajian dalam materi rantai makanan menarik. Jumlah skor dari posttest yakni 3478 dengan rata-rata 86,95, sehingga presentase rata-rata tersebut masuk ke dalam kategori sangat baik. pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa kelas V SD KYai Hasyim Surabaya yakni terdapat perubahan kenaikan skor sebanyak 780 poin sedangkan presentase rata-rata naik sebanyak 19,50, maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis 1 (H1) diterima. Artinya terdapat perbedaan antara nilai hasil pretest dan post test dan terdapat adanya pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap hasil belajar siswa. Kata kunci: Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing, Hasil BelajarDownloads
Download data is not yet available.
Downloads
How to Cite
Masruri, M., Taufiq, M., Hidayat, M. T., & Ghufron, S. (2020). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD PADA MATA PELAJARAN IPA DI SD KYAI HASYIM SURABAYA. Reforma : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(2), 247–255. https://doi.org/10.30736/rf.v8i2.219
Issue
Section
Artikel
License
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada Jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis, dan penulis mengakui bahwa Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran berhak sebagai pihak yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0).
- Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Berdasarkan ketentuan berikut:
- Atribusi —Mereka harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Mereka dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Mereka atau penggunaan Mereka.
- BerbagiSerupa — Apabila Mereka menggubah, mengubah, atau membuat turunan dari materi ini, Mereka harus menyebarluaskan kontribusi Mereka di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Mereka tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.
- Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif  dari naskah yang telah terbit di jurnal ini kedalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi kedalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran