PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII-B SMP NEGERI 2 NGIMBANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Authors

  • Umi Nurhayati SMP Negeri 2 Ngimbang Lamongan

DOI:

https://doi.org/10.30736/rf.v9i2.321

Keywords:

Metode Pembelajaran Kooperatif, Model Team Assisted Individualization

Abstract

Penelitian ini berdasarkan permasalahan: (a) Bagaimanakah peningkatan prestasi belajar siswa dengan diterapkannya metode pembelajaran kooperatif model Team Assisted Individualization? (b) Bagaimanakah pengaruh metode pembelajaran kooperatif model Team Assisted Individualization terhadap motivasi belajar siswa Kelas VII-B SMP Negeri 2 Ngimbang di Kabupaten Lamongan tahun pelajaran 2019/2020? Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah: (a) Untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa setelah diterapkannya metode pembelajaran kooperatif model Team Assisted Individualization. (b) Untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar siswa setelah diterapkan metode pembelajaran kooperatif model Team Assisted Individualization. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas VII-B SMP Negeri 2 Ngimbang. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (65,59%), siklus II (77,27%), siklus III (93,31%). Simpulan dari penelitian ini adalah metode kooperatif model Team Assisted Individualization dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar
siswa Kelas VII-B SMP Negeri 2 Ngimbang, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative dalam pembelajaran matematika.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Wahyuni, Dwi. 2001. Studi Tentang Pembelajaran Kooperatif Terhadap Hasil Belajar Matematika. Malang: Program Sarjana Universitas Negeri Malang.

Ali, Muhammad. 1996. Guru Dalam Proses Belajar Mengajar.

Bandung: Sinar Baru Algesindon.

Arikunto, Suharsimi. 1998. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan

Praktek. Jakarta: Rineksa Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2001. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arsyad, Azhar. 1997. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja

Grafindo Persada.

Combs. Arthur. W. 1984. The Profesional Education of Teachers. Allin and Bacon, Inc. Boston.

Dahar, R.W. 1989. Teori-teori Belajar. Jakarta: Erlangga.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1994. Petunjuk Pelaksanaan Proses Belajar Mengajar, Jakarta. Balai Pustaka.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2000. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Felder, Richard M. 1994. Cooperative Learning in Technical Corse, (online), (PclldMy % DocumentCoop % 20 Report.

Hamalik, Oemar. 1994. Media Pendidikan. Bandung: Citra Aditya Bakti.

Hasibuan. J.J. dan Moerdjiono. 1998. Proses Belajar Mengajar.

Bandung: Remaja Rosdakarya.

Hudoyo, H. 1990. Strategi Belajar Mengajar Matematika. Malang:

IKIP Malang.

Kemmis, S. dan Mc. Taggart, R. 1988. The Action Research Planner. Victoria Dearcin University Press.

Margono, S. 1996. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineksa Cipta.

Mursell, James ( - ). Succesfull Teaching (terjemahan). Bandung: Jemmars.

Ngalim, Purwanto M. 1990. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nur, Muhammad. 1996. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya. Universitas Negeri Surabaya.

Sardiman, A.M. 1996. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar.

Jakarta: Bina Aksara.

PlumX Metrics

Published

2020-12-11

How to Cite

Nurhayati, U. (2020). PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII-B SMP NEGERI 2 NGIMBANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Reforma : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 9(2), 76–86. https://doi.org/10.30736/rf.v9i2.321

Issue

Section

Artikel