Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pelajaran Matematika Materi Operasi Hitung Campuran Melalui Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving Kelas Vi-B SDN Kepatihan Kec. Lamongan Kab. Lamomgan

Authors

  • Muhimatu Khoiro Guru Sekolah Dasar Negeri Kepatihan Kabupaten Lamongan

DOI:

https://doi.org/10.30736/rf.v11i2.712

Keywords:

Hasil Belajar, Matematika, Creative Probelim Solving

Abstract

Tujuan diadakan penelitian tindakan kelas (PTK) ini adalah untuk mengetahui ketercapaian penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving dalam meningkatkan hasil belajar siswa pelajaran matematika. Penelitian tindakan ini dilakukan dalam 3 siklus. Dari hasil tindakan yang dilakukan terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan mencapai standar ideal. Dari 59,17% pada Siklus l, dapat meningkat pada siklus 2 menjadi 68,87% dan siklus 3 mencapai 80%, dan secara klasikal telah mencapai ketuntasan. Hasil penelitian tindakan ini menunjukkan bahwa penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI dengan ketuntasan mencapai 100 % , dengan demikian Model Pembelajaran Creative Problem Solving efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa di SDN Kepatihan Kec.Lamongan Kab. Lamongan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Astuti, Fitri. 2007. Usaha Meningkatkan Keaktifan Siswa dalam Merespon Pelajaran Matematika Melalui Model Pembelajaran Creative Problem Solving . Skripsi-UMS (tidakditerbitkan).

Arikunto, Suharsimi. 2002 Prosedur Penelitian Suatu Pendekaran Praktek. Jakarta:Rineka Cipta.

___________ 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Budiyanti, Ana Rahmi. 2007. Peningkatan Hasil Belajar Siswa MelaluiModel Pembelajaran Creative Problem Solving . Skripsi-UMS (tidak diterbitkan).

Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Margono. 2004. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Maryamah, Siti. 2007. Usaha Meningkatkan Pemahaman Konsep, Fakta, Prinsip, dan Skill Matematika Melalui Metode Mastery Learning. Skripsi-UMS (tidak diterbitkan).

Moleong. 1990. Metodologi Penelitian. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mudjiono, Dimyati. 1999. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Suradi. 2006. Upaya Peningkatan Minat Belajar Matematika Melalui Metode Belajar Tuntas (Mastery learning). Skripsi-UMS (tidak diterbitkan).

Suryosubroto. 2002. Proses Belajar Mengajar Di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Sutama. 2000. Peningkatan Efektivitas Pembelajaran Matematika Melalui Pembenahan Gaya Belajar Guru di SLTP Negeri 18 Surakarta. TesisMagister PPS. UNY (tidak diterbitkan)

TIM. 2001. Pedoman Penulisan Skripsi. Surakarta: UMS.

Wiriaatmadja, Rochiati. 2006. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: RemajaRosdakarya.

PlumX Metrics

Published

2022-12-21

How to Cite

Khoiro, M. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pelajaran Matematika Materi Operasi Hitung Campuran Melalui Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving Kelas Vi-B SDN Kepatihan Kec. Lamongan Kab. Lamomgan. Reforma : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 11(2), 63–73. https://doi.org/10.30736/rf.v11i2.712

Issue

Section

Artikel