Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pelajaran Matematika Materi Operasi Hitung Campuran Melalui Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving Kelas Vi-B SDN Kepatihan Kec. Lamongan Kab. Lamomgan
DOI:
https://doi.org/10.30736/rf.v11i2.712Keywords:
Hasil Belajar, Matematika, Creative Probelim SolvingAbstract
Tujuan diadakan penelitian tindakan kelas (PTK) ini adalah untuk mengetahui ketercapaian penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving dalam meningkatkan hasil belajar siswa pelajaran matematika. Penelitian tindakan ini dilakukan dalam 3 siklus. Dari hasil tindakan yang dilakukan terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan mencapai standar ideal. Dari 59,17% pada Siklus l, dapat meningkat pada siklus 2 menjadi 68,87% dan siklus 3 mencapai 80%, dan secara klasikal telah mencapai ketuntasan. Hasil penelitian tindakan ini menunjukkan bahwa penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI dengan ketuntasan mencapai 100 % , dengan demikian Model Pembelajaran Creative Problem Solving efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa di SDN Kepatihan Kec.Lamongan Kab. Lamongan.Downloads
References
Astuti, Fitri. 2007. Usaha Meningkatkan Keaktifan Siswa dalam Merespon Pelajaran Matematika Melalui Model Pembelajaran Creative Problem Solving . Skripsi-UMS (tidakditerbitkan).
Arikunto, Suharsimi. 2002 Prosedur Penelitian Suatu Pendekaran Praktek. Jakarta:Rineka Cipta.
___________ 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Budiyanti, Ana Rahmi. 2007. Peningkatan Hasil Belajar Siswa MelaluiModel Pembelajaran Creative Problem Solving . Skripsi-UMS (tidak diterbitkan).
Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta.
Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Margono. 2004. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Maryamah, Siti. 2007. Usaha Meningkatkan Pemahaman Konsep, Fakta, Prinsip, dan Skill Matematika Melalui Metode Mastery Learning. Skripsi-UMS (tidak diterbitkan).
Moleong. 1990. Metodologi Penelitian. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mudjiono, Dimyati. 1999. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Suradi. 2006. Upaya Peningkatan Minat Belajar Matematika Melalui Metode Belajar Tuntas (Mastery learning). Skripsi-UMS (tidak diterbitkan).
Suryosubroto. 2002. Proses Belajar Mengajar Di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Sutama. 2000. Peningkatan Efektivitas Pembelajaran Matematika Melalui Pembenahan Gaya Belajar Guru di SLTP Negeri 18 Surakarta. TesisMagister PPS. UNY (tidak diterbitkan)
TIM. 2001. Pedoman Penulisan Skripsi. Surakarta: UMS.
Wiriaatmadja, Rochiati. 2006. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: RemajaRosdakarya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada Jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis, dan penulis mengakui bahwa Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran berhak sebagai pihak yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0).
- Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Berdasarkan ketentuan berikut:
- Atribusi —Mereka harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Mereka dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Mereka atau penggunaan Mereka.
- BerbagiSerupa — Apabila Mereka menggubah, mengubah, atau membuat turunan dari materi ini, Mereka harus menyebarluaskan kontribusi Mereka di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Mereka tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.
- Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif  dari naskah yang telah terbit di jurnal ini kedalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi kedalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran