UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA MELALUI PEMANFAATAN MEDIA ALTERNATIF

Arum Ismawati

Sari


Permasalahan dalam penelitian ini adalah belum diketahui adanya pengaruh media alternatif terhadap peningkatan pemahaman mendeskripsikan unsur cerita pada siswa di kelas V SD Negeri Gedangan Kecamatan Sukodadi Kabupaten Lamongan. Untuk menjawab permasalahan tersebut maka peneliti mengajukan hipotesis yang berbunyi : jika pembelajaran dilakukan dengan menggunakan media alternatif , maka pemahaman mendeskripsikan unsur cerita pada siswa akan meningkat.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang terdiri dari beberapa siklus dengan setiap siklus terdapat perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen yang digunakan berupa Angket Siswa, Rencana Pembelajaran (RP), Lembar Kegiatan Siswa (LKS), dan penilaian kelas.
Penelitian ini dilakukan melalui dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Pada siklus I terdapat 13 siswa yang mengalami ketuntasan belajar perorangan dari 26 jumlah siswa (50%) ini menunjukkan pada siklus ini belum mengalami ketuntasan klasikal. Pada siklus II semua mengalami ketuntasan belajar perorangan yaitu 26 siswa (100%) ini menunjukkan pada siklus ini sudah mengalami ketuntasan klasikal.

Kata Kunci : Media Alternatif , Unsur Cerita

Kata Kunci


Media Alternatif , Unsur Cerita

Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.30736/rfma.v8i1.109

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.