UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA MELALUI PEMANFAATAN MEDIA ALTERNATIF

Authors

  • Arum Ismawati

DOI:

https://doi.org/10.30736/rfma.v8i1.109

Keywords:

Media Alternatif, Unsur Cerita

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah belum diketahui adanya pengaruh media alternatif terhadap peningkatan pemahaman mendeskripsikan unsur cerita pada siswa di kelas V SD Negeri Gedangan Kecamatan Sukodadi Kabupaten Lamongan. Untuk menjawab permasalahan tersebut maka peneliti mengajukan hipotesis yang berbunyi : jika pembelajaran dilakukan dengan menggunakan media alternatif , maka pemahaman mendeskripsikan unsur cerita pada siswa akan meningkat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang terdiri dari beberapa siklus dengan setiap siklus terdapat perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen yang digunakan berupa Angket Siswa, Rencana Pembelajaran (RP), Lembar Kegiatan Siswa (LKS), dan penilaian kelas. Penelitian ini dilakukan melalui dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Pada siklus I terdapat 13 siswa yang mengalami ketuntasan belajar perorangan dari 26 jumlah siswa (50%) ini menunjukkan pada siklus ini belum mengalami ketuntasan klasikal. Pada siklus II semua mengalami ketuntasan belajar perorangan yaitu 26 siswa (100%) ini menunjukkan pada siklus ini sudah mengalami ketuntasan klasikal. Kata Kunci : Media Alternatif , Unsur Cerita

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published

2019-06-30

How to Cite

Ismawati, A. (2019). UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA MELALUI PEMANFAATAN MEDIA ALTERNATIF. Reforma : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(1), 142–146. https://doi.org/10.30736/rfma.v8i1.109

Issue

Section

Artikel