UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA MELALUI PEMANFAATAN MEDIA ALTERNATIF
DOI:
https://doi.org/10.30736/rfma.v8i1.109Keywords:
Media Alternatif, Unsur CeritaAbstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah belum diketahui adanya pengaruh media alternatif terhadap peningkatan pemahaman mendeskripsikan unsur cerita pada siswa di kelas V SD Negeri Gedangan Kecamatan Sukodadi Kabupaten Lamongan. Untuk menjawab permasalahan tersebut maka peneliti mengajukan hipotesis yang berbunyi : jika pembelajaran dilakukan dengan menggunakan media alternatif , maka pemahaman mendeskripsikan unsur cerita pada siswa akan meningkat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang terdiri dari beberapa siklus dengan setiap siklus terdapat perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen yang digunakan berupa Angket Siswa, Rencana Pembelajaran (RP), Lembar Kegiatan Siswa (LKS), dan penilaian kelas. Penelitian ini dilakukan melalui dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Pada siklus I terdapat 13 siswa yang mengalami ketuntasan belajar perorangan dari 26 jumlah siswa (50%) ini menunjukkan pada siklus ini belum mengalami ketuntasan klasikal. Pada siklus II semua mengalami ketuntasan belajar perorangan yaitu 26 siswa (100%) ini menunjukkan pada siklus ini sudah mengalami ketuntasan klasikal. Kata Kunci : Media Alternatif , Unsur CeritaDownloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
2019-06-30
How to Cite
Ismawati, A. (2019). UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA MELALUI PEMANFAATAN MEDIA ALTERNATIF. Reforma : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(1), 142–146. https://doi.org/10.30736/rfma.v8i1.109
Issue
Section
Artikel
License
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada Jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis, dan penulis mengakui bahwa Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran berhak sebagai pihak yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0).
- Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Berdasarkan ketentuan berikut:
- Atribusi —Mereka harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Mereka dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Mereka atau penggunaan Mereka.
- BerbagiSerupa — Apabila Mereka menggubah, mengubah, atau membuat turunan dari materi ini, Mereka harus menyebarluaskan kontribusi Mereka di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Mereka tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.
- Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif  dari naskah yang telah terbit di jurnal ini kedalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi kedalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran