PENDIDIKAN KARAKTER MENURUT IBNU MISKAWAIH DAN IMPLEMENTASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN MASA PANDEMI
DOI:
https://doi.org/10.30736/rf.v9i2.319Keywords:
Pendidikan Karakter, Ibnu Miskawaih, PandemiAbstract
Penulisan artikel ini bertujuan untuk memaparkan pemikiran Ibnu Miskawaih mengenai pendidikan karakter dan implementasinya dalam proses pembelajaran pada masa pandemi. Penulisan artikel ini dilatarbelakangi oleh krisis moral yang terjadi dikalangan peserta didik yang dikarenakan mudahnya mengakses sosial media yang berisi publik figur yang melakukan tindakan yang kurang elok untuk dicontoh. Ibnu Miskawih merupakan tokoh filsafat islam yang memiliki pemikiran mengenai pendidikan karakter dalam kitabnya Tahdzib al-Akhlak. Beliau menjelaskan bahwa akhlak manusia terdiri dari empat pijakan yaitu menahan diri, keberanian, kebijaksanaan dan keadilan. Nilai-nilai karakter pemikiran Ibnu Miskawaih ini dapat dijadikan salah satu rujukan penerapan pendidikan karakter di Indonesia pada masa pandemi ini. Metode penulisan artikel ini menggunakan metode library research yaitu penelaahan terhadap buku, literatur, catatan, serta berbagai laporan yang berkaitan dengan permasalan yang ditulis.
Downloads
References
Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum dan
Perbukuan. 2011. Panduan Pelaksanaan Pendidikan
Karakter. Jakarta: Kementrian Pendidikan Nasional.
Ghofur, Abdul. 2016. Globalisasi dan Urgensi Pendidikan Karakter.
Dari iain-surakarta.ac.id
Hanim, Lathifah. 2011. Pengaruh Perkembangan Teknologi
Informasi Terhadap Keabsahan Perjanjian Dalam Perdagangan
Secara Elektronik (ECommerce) di Era Globalisasi.
Jurnal Dinamika Hukum Vol. 11 dari dinamikahukum.fh.unsoed.ac.i d/JDH/article/view/
Maryani, Sri. 2018. Pendidikan Karakter Bagi Siswa dalam
Menghadapi Dampak Globalisasi di SMA IT Nur Hidayah Kartasura Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi Diterbitkan. Surakarta: FITK
IAIN Surakarta
Marzuki, Ismail. 2017. Menelusuri Konsep Pendidikan Karakter dan Implementasinya di Indonesia. Jurnal Didaktika Vol. 1, No. 1, dari jurnal.umt.ac.id
Mulia, Harpan Reski. 2019. Pendidikan Karakter: Analisa
Pemikiran Ibnu Miskawaih. Jurnal Tarbawi: Jurnal Ilmu
Pendidikan Vol 15, No 1, dari ejournal.iainkerinci.ac.id
Munirah. 2015. Sistem Pendidikan di Indonesia: antara keinginan dan realita. Jurnal Aladuna, Vol. 2, No. 2 dari journal.uinalauddin.ac.id
Mustofa, Mokhamad Iklil., dkk. 2019. Formulasi Model Perkuliahan Daring Sebagai Upaya Menekan Disparitas Kualitas
Perguruan Tinggi. WJIT: Walisongo Journal of
Information Technologi, Vol. 1, No. 2, dari journal.walisongo.ac.id.
Nalva, Mulkul Farisa. 2020. Pendidikan Karakter Perspektif
Ibnu Miskawaih. Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol. 2, No 1. Dari jurnal.radenfatah.ac.id
Purandina, I Putu Yoga & Winaya, I Made Astra. 2020. Pendidikan
Karakter di Lingkungan Keluarga Selama Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Pandemi Covid-19. Cetta: Jurnal Ilmu
Pendidikan, Vol 3, No 2.
Rahayu, Fitriani. 2019. Pendidikan Karakter Analisa Pemikiran
Ibnu Miskawaih. Al-Mudarris: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam, Vol. 2, No 1, dari ejournal.iain-palangkaraya.ac.id
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada Jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis, dan penulis mengakui bahwa Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran berhak sebagai pihak yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0).
- Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Berdasarkan ketentuan berikut:
- Atribusi —Mereka harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Mereka dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Mereka atau penggunaan Mereka.
- BerbagiSerupa — Apabila Mereka menggubah, mengubah, atau membuat turunan dari materi ini, Mereka harus menyebarluaskan kontribusi Mereka di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Mereka tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.
- Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif  dari naskah yang telah terbit di jurnal ini kedalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi kedalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran