UPAYA MENGAKTIFKAN SISWA DENGAN MENJADI “KRITIKUS TAYANGAN VIDEO†DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS VIII SMP NEGERI 16 SURABAYA
DOI:
https://doi.org/10.30736/rf.v10i1.446Keywords:
Mengaktifkan siswa, Pembelajaran IPS, Kritikus tayangan video.Abstract
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk mengukur keaktifan siswa dalam pembelajaran IPS melalui teknik ‘menjadi kritikus video’ pada siswa kelas VIII-D SMP Negeri 16 Surabaya. Salah satu materi yang sangat kompleks membutuhkan sikap cermat, aktif, kritis, dan kreatif agar dapatnya mencapai keberhasilan tujuan pembelajaran adalah pembelajaran IPS, khususnya pada kompetensi dasar Perubahan Dinamika Penduduk dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 3 siklus dengan mengambil sample sebanyak 30 anak. Hasil dari pelaksanaan PTK diketahui bahwa, hipotesis yang diajukan dapat diterima, yaitu: melalui teknik ‘menjadi kritikus tayangan video’ mampu menjadikan siswa aktif dalam pembelajaran IPS dan mampu meningkatkan prestasi belajar siswa.Downloads
References
Anonim. 2011. Pedoman Teknis Pelaksanaan CAR. Jakarta: Pelangi volume 4 No.2.
Djakfar, Zainudin, 2005, Didaktik Metodik, Pasuruan: PT Garaeda Buana Indah.
Hamalik, Umar, 2012, Media Pendidikan, Bandung: Alaumni.
Ibrahim, R, Dr, MA. 2011. Pengembangan Inovasi dan Kurikulum. Jakarta: Penerbit Universitas Terbuka.
Kistono AR, 2010, Action Research: Suatu Kebutuhan untuk meningkatkan mutu Proses dan Hasil Belajar, Surabaya: Makalah untuk disajikan dalam pelatihan Penelitian Tindakan Kelas.
Kemdikbud, 2013, Kurikulum SMP/M.Ts 2013, Mata Pelajaran IPS, Jakarta: Kemdikbud.
Melvin L. Siberman, 2006, Active Learning: 101 Strategis to Teach Any Subject. Bandung: Penerbit Nusamedia dan Nuansa
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada Jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis, dan penulis mengakui bahwa Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran berhak sebagai pihak yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0).
- Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Berdasarkan ketentuan berikut:
- Atribusi —Mereka harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Mereka dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Mereka atau penggunaan Mereka.
- BerbagiSerupa — Apabila Mereka menggubah, mengubah, atau membuat turunan dari materi ini, Mereka harus menyebarluaskan kontribusi Mereka di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Mereka tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.
- Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif  dari naskah yang telah terbit di jurnal ini kedalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi kedalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran