UPAYA MENGAKTIFKAN SISWA DENGAN MENJADI “KRITIKUS TAYANGAN VIDEO” DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS VIII SMP NEGERI 16 SURABAYA

Authors

  • Rr Herlien Madoearoemwat SMP Negeri 16 Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30736/rf.v10i1.446

Keywords:

Mengaktifkan siswa, Pembelajaran IPS, Kritikus tayangan video.

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk mengukur keaktifan siswa dalam pembelajaran IPS melalui teknik ‘menjadi kritikus video’ pada siswa kelas VIII-D SMP Negeri 16 Surabaya. Salah satu materi yang sangat kompleks membutuhkan sikap cermat, aktif, kritis, dan kreatif agar dapatnya mencapai keberhasilan tujuan pembelajaran adalah pembelajaran IPS, khususnya pada kompetensi dasar Perubahan Dinamika Penduduk dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 3 siklus dengan mengambil sample sebanyak 30 anak. Hasil dari pelaksanaan PTK diketahui bahwa, hipotesis yang diajukan dapat diterima, yaitu: melalui teknik ‘menjadi kritikus tayangan video’ mampu menjadikan siswa aktif dalam pembelajaran IPS dan mampu meningkatkan prestasi belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anonim. 2011. Pedoman Teknis Pelaksanaan CAR. Jakarta: Pelangi volume 4 No.2.

Djakfar, Zainudin, 2005, Didaktik Metodik, Pasuruan: PT Garaeda Buana Indah.

Hamalik, Umar, 2012, Media Pendidikan, Bandung: Alaumni.

Ibrahim, R, Dr, MA. 2011. Pengembangan Inovasi dan Kurikulum. Jakarta: Penerbit Universitas Terbuka.

Kistono AR, 2010, Action Research: Suatu Kebutuhan untuk meningkatkan mutu Proses dan Hasil Belajar, Surabaya: Makalah untuk disajikan dalam pelatihan Penelitian Tindakan Kelas.

Kemdikbud, 2013, Kurikulum SMP/M.Ts 2013, Mata Pelajaran IPS, Jakarta: Kemdikbud.

Melvin L. Siberman, 2006, Active Learning: 101 Strategis to Teach Any Subject. Bandung: Penerbit Nusamedia dan Nuansa

PlumX Metrics

Published

2021-06-02

How to Cite

Madoearoemwat, R. H. (2021). UPAYA MENGAKTIFKAN SISWA DENGAN MENJADI “KRITIKUS TAYANGAN VIDEO” DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS VIII SMP NEGERI 16 SURABAYA. Reforma : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 10(1), 11–19. https://doi.org/10.30736/rf.v10i1.446

Issue

Section

Artikel