PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWAPADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN MATERI BERBAKTI KEPADA ORANG TUA DAN GURU MENGGUNAKAN METODE GALLERY OF LEARNING DI KELAS IX-I SMP NEGERI 4 GRESIK
DOI:
https://doi.org/10.30736/rf.v10i2.527Keywords:
Hasil Belajar Siswa, PAI, Gallery Of LearningAbstract
Meningkatnya belajar siswa merupakan tujuan dari semua pembelajaran, minat belajar siswa dalam pendidikan agama islam dapat memberikan dampak besar terhadap lingkungan, minat belajar siswa dalam pendidikan Agama Islam dapat meningkat melalui metode gallery of learning. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pemaparan terkait bagaimana meningkatkan minat belajar siswa terhapa pembelajaran PAI sehingga siswa mampu berbakti dengan orang tua secara baik. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, data diperoleh melalui observasi, wawancara mendalam serta dokumentasi.
Hasil penelitian ini Penggunaan metode Galleri of Learning mampu meningkatkan hasil belajar pendidikan agama Islam . hal inidappat dilihat rata-rata nilai dari siklus I yaitu 70.78, pada siklus II rata-rata nilai yaitu 71.09 artinya ada peningkatan dari siklus I ke siklus II. Sedangkan pada siklus III mengalami kenaikan yang signifikan yaitu nilai rata-ratanya 85.48. Hal ini dapat dilihat selisih dari pra siklus ke siklus I sampai dengan siklus III.
Downloads
References
Analia, R. E. (2010). PENGARUH PENERAPAN METODE DEMONSTRASI TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS 3 PADA MATA PELAJARAN PAI DENGAN MATERI SHOLAT ( Penelitian Di SDN Kersamenak II Tarogong Kidul ). Pendidikan Universitas Garut, 4(1), 32–38. https://journal.uniga.ac.id/index.php/JP/article/view/33/33
Abdurrahman, Mulyana, Pendidikan Anak Bagi Berkesulitan Belajar, Jakarta : Rineka Cipta, 2003
Ahmadi, Abu dan Uhbiyati, Nur, Ilmu Pendidikan, Jakarta, Rineka Cipta, 1991
dan Widodo Supriyono, Psikologi Belajar, Jakarta: Rineka Cipta, 2004
Arief, Armai, Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam, Jakarta : Ciputat Pers, 2002
Arikunto, Suharsimi, dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 2006
, Penelitian Tindakan Kelas , Jakarta: PT Bumi Aksara, 2006
, Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta : PT. Rineka Cipta, 2002
Azis, Sholeh Abdul dan Madjid, Abdul Azis Abdul, Al-Tarbiyah Waturuqu Al-Tadrisi, Juz.1., Mesir: Darul Ma’arif, 1979
Azwar, Saifuddin, Tes Prestasi dan Pengembangan Pengukuran Prestasi Belajar, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1996
Hasibuan, J.J. dan Moedjiono, Proses Belajar Mengajar, Bandung : Remaja Rosdakarya, 1995
Ismail SM, Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Efektif, dan Menyenangkan), Semarang: RaSAIL Media Group, 2008
Ladjid, Hafni, Pengembangan Kurikulum Berbasis Kompetensi, Jakarta: Ciputat Press Group, 2005
Lie, Anita, Cooperative Learning, Mempraktekkan Cooperative Learning di Ruang -Ruang Kelas, Jakarta : Grasindo, 2004
Margono, S., Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: PT Rienika Cipta, 2000
Mujib, Abdul dan Mudzakkir, Yusuf, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kencana, 2006
Muslich, Masnur, Melaksanakan PTK (Penelitian Tindakan Kelas) itu Mudah, Jakarta: PT Bumi Aksara, 2009
Muslim, Aplikasi Statistik, Semarang: IAIN Walisongo, 1996 Nasution, S., Kurikulum dan Pengajaran, Jakarta: Bina Aksara, 1984
Dengo, F. (2018). Penerapan Metode Gallery Walk dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran IPA. Menejemen Pendidikan Islam, 6(1), 42.
Deese, James, The Psychology Of Learning, London; MC. Graw H, ll Company, 1967
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Edisi.II, (Jakarta: Balai Pustaka, 1995
Dimyati dan Mujiono, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Renika Cipta, 1999
Djamarah, Syaiful Bahri dan Zain, Aswan, Strategi Belajar Mengajar Jakarta: Rineka Cipta, 2002
, Pendidik dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif, Jakarta: Rineka Cipta, 2000
Donald, Frederick Y. Mc., Educational Psychology, Tokyo: Overseas Publication LTD, 1959
Hidayah, W., Dewi, N. K., & Retnoningsih, A. (2014). Unnes Journal of Biology Education. Journal Og Biology Education, 3(3), 319–329.
Kharida, L. A., & Rusilowati, A. (2012). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Elastisitas Bahan. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 5(2), 83–89. https://doi.org/10.15294/jpfi.v5i2.1015
Muamar, M. R., Rahmawati, & Irnawati. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Yang Dipadu Metode Gallery Walk Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Pencemaran Lingkungan Kelas X Ipa SMA Negeri 1 Bireuen. Jesbio, 6(1), 17–23.
Nawali, A. K. (2018). Dampak Penerapan Kurikulum Kementerian Agama Dan Kurikulum Pesantren Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Pai Di Man Yogyakarta. Al-Ikhtibar: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(1), 555–575. https://doi.org/10.32505/ikhtibar.v5i2.550
Purba, F. J. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Metode Demonstrasi. INPAFI (Inovasi Pembelajaran Fisika), 6(3), 83–91. https://doi.org/10.24114/inpafi.v6i3.11115
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No 22 tahun 2006 tentang Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Tingkat SMP, MTs, dan SMPLB
Perturan Menteri Agama Republik Indonesia No. 2 Tahun 2008, Tentang Standar Kompetensi Lulusan Dan Standar Isi Pendidikan Agama Islam Dan Bahasa Arab di Madrasah
Poerwodarminta, W.J.S., Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 1999
PP. No 19 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan Departemen agama RI 2006 Ramayulis, Metodologi Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Kalam Mulia, 2005 Sagala, Saeful, Konsep dan Makna Pembelajaran, Bandung: Alfa Beta, 2003
Sardiman A.M., Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2000
Sarwono, Sarlito Wirawan, Psikologi Umum, Jakarta: Bulan Bintang, 1991
Siberman, Melvin L , Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif, Bandung: Nuansa Media Cet ke III, 2006
Siregar, Marasuddin, Diktat Metodologi Pengajaran Agama, Semarang, Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo, 2003
Slameto, Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya, Jakarta: Rineka
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada Jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis, dan penulis mengakui bahwa Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran berhak sebagai pihak yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0).
- Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Berdasarkan ketentuan berikut:
- Atribusi —Mereka harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Mereka dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Mereka atau penggunaan Mereka.
- BerbagiSerupa — Apabila Mereka menggubah, mengubah, atau membuat turunan dari materi ini, Mereka harus menyebarluaskan kontribusi Mereka di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Mereka tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.
- Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif  dari naskah yang telah terbit di jurnal ini kedalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi kedalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran