PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENGGUNAKAN MICROSOFT OFFICE POWER POINT SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DI SMPN 1 SUKORAME LAMONGAN SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Sulkan Sulkan

Sari


Proses pembelajaran yang dilaksanakan di SMPN 1 Sukorame Lamongan dinilai masih belum memanfaatkan teknologi yang disediakan sekolah untuk menunjang pendidikan, terutama dalam mata pelajaran tertentu. Hal ini disebabkan para guru mata pelajaran masih belum mengerti seluk beluk media pembelajaran yang akan dimanfaatkan. Untuk meningkatkan kualitas pendidikan di SMPN 1 Sukorame Lamongan diperlukan sebuah pelatihan untuk membantu meningkatkan kemampuan guru di SMPN 1 Sukorame Lamongan khususnya dalam aspek pengajaran. Penerapan metode Demonstrasi dimulai dengan peneliti menjelaskan materi menggunakan media Microsoft Office Power Point sebagai media demonstrasi dan memperagakannya. Kemudian, peserta membentuk kelompok untuk berdiskusi mengerjakan tugas. Setelah tugas selesai, kelompok mendemonstrasikan tugas yang telah diberikan. Keberhasilan peningkatan kemampuan peserta penelitian pada penelitian ini adalah seluruh
peserta mendapatkan nilai tugas membuat slide presentasi dengan 75% peserta pelatihan tuntas KKM dengan nilai Baik atau Sangat Baik. Pada siklus I terdapat 50% peserta yang sesuai dengan indikator keberhasilan. Pada siklus II 100 % atau seluruh peserta sesuai dengan indikator keberhasilan. Dengan demikian, metode demonstrasi mampu meningkatkan kemampuan peserta dalam menggunakan Microsoft Office Power Point sebagai media pembelajaran di SMPN 1 Sukorame Lamongan tahun pelajaran 2019/2020. 

Kata Kunci


Metode Demonstrasi, Microsoft Office Power Point, Media Pembelajaran

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aminuddin, Rasyad. 2006. Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Strauss, Anselm, Juliet Corbin. 2003. Dasar-Dasar Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Daryanto. 2010. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media

---------------Panduan Proses Pembelajaran Kreatif dan Inovatif. Jakarta: Publisher

Hasibuan dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Jumaidi. 2011. Pembelajaran Matematika Materi Kesebangunan dengan Menggunakan Multimedia Interaktif. Palembang: Prosiding Seminar Nasional.

Nur Hamim, dkk. Bahan Ajar PLPG/Pengawas dalam jabatan 2011. Surabaya: LPTK Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Ampel

Pardjono, dkk. 2007. Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Lembaga Penelitian UNY: Yogyakarta

Pumomo, Catur Hadi. 2008. Panduan Belajar Otodidak Microsoft Powerpoint 2007. Jakarta: Media Kita

Rusminiati. 2007. Pengembangan Pendidikan Kewarganegaraan SD. Depdiknas. Jakarta.

Sudjana, Nana. 2013. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Sinar Baru Algensindo: Bandung

Suharto Tcguh, V. 2013. Pengantar Metodologi Penelitian dan Pengembangan Instrumen Pengukuran. IKIP PGRI Madiun

Sukardi. 2011. Metodologi Penelitian Pendidikan K ompetensi dan

Praktiknya. Bumi Aksara: Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.30736/rf.v9i2.322

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by4.footer##