PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI SISTEM PERNAPASAN PADA MANUSIA DAN HEWAN DENGAN MENERAPKAN PENDEKATAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION DI KELAS XI MIA-3 SMA NEGERI 1 NGIMBANG LAMONGAN
DOI:
https://doi.org/10.30736/rf.v8i2.218Keywords:
Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC)Abstract
Model pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) adalah model pembelajaran dimana siswa dalam kelas dibagi dalam kelompok-kelompok kecil yang beranggotakan 4 sampai 5 dan setiap kelompok harus heterogen. Siswa dalam kelompok dituntut untuk dapat bekerjasama untuk menemukan ide pokok dan memberi tanggapan terhadap wacana yang telah diberikan oleh guru. Dengan menggunakan model pembelajaran tersebut diharapkan peserta didik mampu mencari, menganalisis dan menggunakan informasi dengan sedikit atau bahkan tanpa bantuan guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pelaksanaan pendekatan kontekstual dengan model pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) pada materi sistem pernapasan pada manusia dan hewan, (2) respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) pada materi sistem pernapasan pada manusia dan hewan bila ditinjau dari minat siswa pada mata pelajaran Biologi, dan (3) ketuntasan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) pada materi sistem pernapasan pada manusia dan hewan. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK, dengan RPP dan LKS sebagai perangkat pembelajaran. Instrumen penelitian yang digunakan: Tes Hasil Belajar, Lembar pengamatan pengelolaan pembelajaran, lembar pengamatan aktivitas siswa dan angket respon siswa. Hasil pengamatan dan pembahasan, diperoleh kesimpulan bahwa: (1) Model pembelajaran CIRC dapat menarik siswa untuk senang belajar sebesar 90% dan membantu memahami pelajaran sebesar 77,5%. Sehingga pembelajaran CIRC merupakan model pembelajaran yang efektif jika digunakan, (2) Hasil belajar siswa meningkat pada setiap putaran yaitu pada putaran I diperoleh ketuntasan klasikal sebesar 80% dengan nilai rata-rata 68,85; putaran II diperoleh ketuntasan klasikal sebesar 97,5% dengan nilai rata-rata 75; dan putaran III diperoleh ketuntasan klasikal sebesar 100% dengan nilai rata-rata 79,2. Sehingga penerapan model pembelajaran CIRC ini efektif jika diterapkan. Kata kunci : Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC)Downloads
Download data is not yet available.
Downloads
How to Cite
Sun’an, M. (2020). PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI SISTEM PERNAPASAN PADA MANUSIA DAN HEWAN DENGAN MENERAPKAN PENDEKATAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION DI KELAS XI MIA-3 SMA NEGERI 1 NGIMBANG LAMONGAN. Reforma : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(2), 237–246. https://doi.org/10.30736/rf.v8i2.218
Issue
Section
Artikel
License
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada Jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis, dan penulis mengakui bahwa Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran berhak sebagai pihak yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0).
- Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Berdasarkan ketentuan berikut:
- Atribusi —Mereka harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Mereka dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Mereka atau penggunaan Mereka.
- BerbagiSerupa — Apabila Mereka menggubah, mengubah, atau membuat turunan dari materi ini, Mereka harus menyebarluaskan kontribusi Mereka di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Mereka tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.
- Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif  dari naskah yang telah terbit di jurnal ini kedalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi kedalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran