MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL QUANTUM LEARNING DI MAN ACEH JAYA
DOI:
https://doi.org/10.30736/rf.v7i1.295Keywords:
Quantum Learning, prestasi belajar, matematikaAbstract
Rendahnya prestasi belajar dalam mencapai tujuan pendidikan mendorong penulis melakukan penelitian tentang penerapan model Quantum Learning untuk meningkatkan prestasi belajar matematika siswa di MAN Aceh Jaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi matematika yang dicapai siswa setelah menyelesaikan pembelajaran dengan menerapkan model quantum learning dan mendeskripsikan interaksi siswa selama kegiatan pembelajaran dengan menerapkan model quantum learning berlangsung. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X-1 MAN Aceh Jaya tahun ajaran 2015/2016. Sedangkan yang menjadi objek penelitian ini adalah hasil belajar Matematika kelas X-1 pada materi logika matematika melalui penerapan model quantum learning. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, angket dan wawancara. Instrumen penelitian yang peneliti gunakan yaitu lembar: tes, observasi, wawancara dan angket. Keempat instrumen ini telah divalidasi oleh validator yaitu dosen Matematika dan guru di sekolah tersebut. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data disimpulkan: (1) Pembelajaran menggunakan model ini dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi logika matematika di MAN Aceh Jaya. Karena model ini mendorong minat dan keaktifan belajar siswa. Sebelum model ini diterapkan rata-rata nilai yang dicapai siswa yaitu 65 di bawah kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 70. Setelah model ini diterapkan, prestasi belajar siswa meningkat. Dengan menggunakan instrumen tes, pada siklus I rata-rata nilai ketuntasan individual siswa 30 % dan siklus II mencapai 86,6 %. 2) Dengan menerapakan model ini, interaksi siswa semakin aktif melakukan KBM. Hal ini terlihat dari prestasi serta minat belajar siswa yang terus meningkat.Downloads
References
Anne Anastasi, 1976. Developing Inquiry, IIIlinois-USA: Science Research Associetes.
Bogdan dan Taylor, 2007. Quantum Learning. Alih Bahasa: Alwiyah Abdurrahman. Bandung: Kaifa.
Erman S. Ar. 2003. Evaluasi Pembelajaran Matematika. Bandung: IMSTECJKA
Frederick G Brown, 1976. Quantum Leaps 2 Skills For Workplace Recreation. Amerika : Butterworth Heinmann.
Hadi, 2007. Strategi mengajar belajar matematika. Malang : IKIP Malang.
Hamalik Oemar. 2008. Proses Belajar Mengajar. Jakarta :Bumi Aksara
---------------------. 2008. Kurikulum dan
Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara
Kusuma, 1987. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Mulyasa Nasution. 1981. Didaktik Asas- Asas Mengajar. Bandung: Tarsito.
Nazir, 1988. Strategi Belajar Mengajar.
Jakarta : Universitas Terbuka.
Rusyidah, 2005. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Universitas Terbuka.
Suharsimi Arikunto, 2002. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik, edisi revisi V, Jakarta: Rineka Cipta.
Slameto. 2003. Belajar Dan Faktor- Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada Jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis, dan penulis mengakui bahwa Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran berhak sebagai pihak yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0).
- Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Berdasarkan ketentuan berikut:
- Atribusi —Mereka harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Mereka dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Mereka atau penggunaan Mereka.
- BerbagiSerupa — Apabila Mereka menggubah, mengubah, atau membuat turunan dari materi ini, Mereka harus menyebarluaskan kontribusi Mereka di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Mereka tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.
- Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif  dari naskah yang telah terbit di jurnal ini kedalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi kedalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran