PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENGGUNAKAN MICROSOFT OFFICE POWER POINT SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DI SMPN 1 SUKORAME LAMONGAN SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2019/2020
DOI:
https://doi.org/10.30736/rf.v9i2.322Keywords:
Metode Demonstrasi, Microsoft Office Power Point, Media PembelajaranAbstract
Proses pembelajaran yang dilaksanakan di SMPN 1 Sukorame Lamongan dinilai masih belum memanfaatkan teknologi yang disediakan sekolah untuk menunjang pendidikan, terutama dalam mata pelajaran tertentu. Hal ini disebabkan para guru mata pelajaran masih belum mengerti seluk beluk media pembelajaran yang akan dimanfaatkan. Untuk meningkatkan kualitas pendidikan di SMPN 1 Sukorame Lamongan diperlukan sebuah pelatihan untuk membantu meningkatkan kemampuan guru di SMPN 1 Sukorame Lamongan khususnya dalam aspek pengajaran. Penerapan metode Demonstrasi dimulai dengan peneliti menjelaskan materi menggunakan media Microsoft Office Power Point sebagai media demonstrasi dan memperagakannya. Kemudian, peserta membentuk kelompok untuk berdiskusi mengerjakan tugas. Setelah tugas selesai, kelompok mendemonstrasikan tugas yang telah diberikan. Keberhasilan peningkatan kemampuan peserta penelitian pada penelitian ini adalah seluruhpeserta mendapatkan nilai tugas membuat slide presentasi dengan 75% peserta pelatihan tuntas KKM dengan nilai Baik atau Sangat Baik. Pada siklus I terdapat 50% peserta yang sesuai dengan indikator keberhasilan. Pada siklus II 100 % atau seluruh peserta sesuai dengan indikator keberhasilan. Dengan demikian, metode demonstrasi mampu meningkatkan kemampuan peserta dalam menggunakan Microsoft Office Power Point sebagai media pembelajaran di SMPN 1 Sukorame Lamongan tahun pelajaran 2019/2020.Â
Downloads
References
Aminuddin, Rasyad. 2006. Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Strauss, Anselm, Juliet Corbin. 2003. Dasar-Dasar Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Daryanto. 2010. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media
---------------Panduan Proses Pembelajaran Kreatif dan Inovatif. Jakarta: Publisher
Hasibuan dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Jumaidi. 2011. Pembelajaran Matematika Materi Kesebangunan dengan Menggunakan Multimedia Interaktif. Palembang: Prosiding Seminar Nasional.
Nur Hamim, dkk. Bahan Ajar PLPG/Pengawas dalam jabatan 2011. Surabaya: LPTK Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Ampel
Pardjono, dkk. 2007. Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Lembaga Penelitian UNY: Yogyakarta
Pumomo, Catur Hadi. 2008. Panduan Belajar Otodidak Microsoft Powerpoint 2007. Jakarta: Media Kita
Rusminiati. 2007. Pengembangan Pendidikan Kewarganegaraan SD. Depdiknas. Jakarta.
Sudjana, Nana. 2013. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Sinar Baru Algensindo: Bandung
Suharto Tcguh, V. 2013. Pengantar Metodologi Penelitian dan Pengembangan Instrumen Pengukuran. IKIP PGRI Madiun
Sukardi. 2011. Metodologi Penelitian Pendidikan K ompetensi dan
Praktiknya. Bumi Aksara: Jakarta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada Jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis, dan penulis mengakui bahwa Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran berhak sebagai pihak yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0).
- Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Berdasarkan ketentuan berikut:
- Atribusi —Mereka harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Mereka dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Mereka atau penggunaan Mereka.
- BerbagiSerupa — Apabila Mereka menggubah, mengubah, atau membuat turunan dari materi ini, Mereka harus menyebarluaskan kontribusi Mereka di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Mereka tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.
- Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif  dari naskah yang telah terbit di jurnal ini kedalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi kedalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran