UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN KOOPERATIF BAHASA INGGRIS DENGAN TEMA “TRAVELLING†DI KELAS XII MIA-3 SMA NEGERI 1 NGIMBANG LAMONGAN
DOI:
https://doi.org/10.30736/rf.v8i2.217Keywords:
Motivasi Belajar, Media GambarAbstract
Bahasa Inggris merupakan salah satu mata pelajaran wajib yang ada di sekolah. Dalam mempelajari Bahasa Inggris dengan tema “Traveling†sebagian siswa kelas XII MIA-3 SMA Negeri 1 Ngimbang Lamongan merasa kesulitan dan sangat membutuhkan media yang cocok karena dalam tema tersebut salah satunya mempelajari bagaimana mendiskripsikan tempat, dalam hal ini objek wisata. Oleh karena itu, untuk meningkatkan motivasi siswa dalam mempelajari tema “Traveling†sangat dibutuhkan sekali media yang sangat menarik, yaitu media gambar. Sehingga proses belajar dan mengajar dapat berjalan dengan lancar dan dapat mencapai hasil yang maksimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) apakah penerapan media gambar dapat meningkatkan motivasi belajar Bahasa Inggris dengan tema “Traveling†pada siswa kelas XII MIA-3 SMA Negeri 1 Ngimbang Lamongan, (2) bagaimana media gambar dapat diterapkan untuk meningkatkan motivasi belajar Bahasa Inggris dengan tema “Traveling†pada siswa kelas XII MIA-3 SMA Negeri 1 Ngimbang Lamongan.Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XII MIA-3 semester genap SMA Negeri 1 Ngimbang Lamongan tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini terbatas pada tema ‘Travelling’. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Perangkat pembelajaran yang digunakan adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), dan Lembar Kegiatan Siswa. Sedangkan instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar tes hasil belajar siswa.Dari analisis data penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Penerapan media gambar dapat meningkatkan motivasi belajar Bahasa Inggris dengan tema â€Travelingâ€, kesiapan belajar, pemahaman dan prestasi belajar siswa di kelas XII MIA-3 SMA Negeri 1 Ngimbang Lamongan, (2) Semangat, antusias, keceriaan dan kreativitas dalam bentuk keaktifan siswa selama proses belajar mengajar mengalami peningkatan, (3) Kemampuan siswa dalam mengungkapkan makna serta mendiskripsikan gambar mengalami peningkatan. Kata Kunci : Motivasi Belajar, Media GambarDownloads
Download data is not yet available.
Downloads
How to Cite
Triono, M. (2020). UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN KOOPERATIF BAHASA INGGRIS DENGAN TEMA “TRAVELLING†DI KELAS XII MIA-3 SMA NEGERI 1 NGIMBANG LAMONGAN. Reforma : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(2), 229–236. https://doi.org/10.30736/rf.v8i2.217
Issue
Section
Artikel
License
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada Jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis, dan penulis mengakui bahwa Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran berhak sebagai pihak yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0).
- Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Berdasarkan ketentuan berikut:
- Atribusi —Mereka harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Mereka dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Mereka atau penggunaan Mereka.
- BerbagiSerupa — Apabila Mereka menggubah, mengubah, atau membuat turunan dari materi ini, Mereka harus menyebarluaskan kontribusi Mereka di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Mereka tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.
- Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif  dari naskah yang telah terbit di jurnal ini kedalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi kedalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran