PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DALAM UPAYA MENINGKATKAN KETUNTASAN BELAJAR KEMAMPUAN NARRATIVE WRITING PADA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS SISWA KELAS X IIS-2 SMA NEGERI 1 NGIMBANG LAMONGAN
DOI:
https://doi.org/10.30736/rf.v8i2.214Keywords:
Media Gambar, Narrative WritingAbstract
Dalam dunia pendidikan, Bahasa Inggris adalah mata pelajaran yang harus dikuasai oleh anak didik, mulai dari ketrampilan listening, speaking, reading dan writing. Dari keempat ketrampilan tersebut perlu adanya suatu penekanan pada salah satu ketrampilan dalam pembelajaran, yaitu ketrampilan menulis atau lebih jelasnya mengarang. Mengarang adalah ketrampilan bahasa yang rumit dan membutuhkan kemampuan yang ekstra dalam menyusun kalimat yang benar. Sebagai pemula, mengarang bukanlah hal yang mudah karena mereka harus mengembangkan ide – ide sendiri. Kalimat dalam paragraf harus ditulis secara gramatikal ( sesuai tata bahasa Inggris ) dan menggunakan kata – kata yang tepat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) pengelolaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru, (2) ketuntasan belajar belajar yang dicapai oleh siswa. Subyek penelitian ini adalah siswa Kelas X IIS-2 SMA Negeri 1 Ngimbang Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 36 siswa. Penelitian ini terbatas pada kemampuan menulis Narrative Text. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Perangkat pembelajaran yang digunakan adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), dan Lembar Kegiatan Siswa. Sedangkan instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Lembar Tes Menulis Narrative Text dan Lembar pengamatan pengelolaan pembelajaran. Dari analisis data penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan menulis Narrative Text berdasarkan gambar siswa Kelas X IIS-2 SMA Negeri 1 Ngimbang Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2016/2017 adalah sangat baik, dalam arti sudah memenuhi kriteria yang peneliti inginkan, hal ini terbukti dengan nilai rata-rata prosentase menurut aspek 85,6% dengan kriteria sangat baik. Kata Kunci: Media Gambar, Narrative WritingDownloads
Download data is not yet available.
Downloads
How to Cite
Suhartono, B. (2020). PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DALAM UPAYA MENINGKATKAN KETUNTASAN BELAJAR KEMAMPUAN NARRATIVE WRITING PADA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS SISWA KELAS X IIS-2 SMA NEGERI 1 NGIMBANG LAMONGAN. Reforma : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(2), 204–212. https://doi.org/10.30736/rf.v8i2.214
Issue
Section
Artikel
License
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada Jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis, dan penulis mengakui bahwa Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran berhak sebagai pihak yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0).
- Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Berdasarkan ketentuan berikut:
- Atribusi —Mereka harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Mereka dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Mereka atau penggunaan Mereka.
- BerbagiSerupa — Apabila Mereka menggubah, mengubah, atau membuat turunan dari materi ini, Mereka harus menyebarluaskan kontribusi Mereka di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Mereka tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.
- Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif  dari naskah yang telah terbit di jurnal ini kedalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi kedalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran